Jumat, 26 April 2024

Pekan Keselamatan, Sopir Bus Tes Kesehatan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sopir ikuti pemeriksaan kesehatan di Purabaya, Bungurasih Sidoarjo. Foto: Totok suarasurabaya.net

Digelar bersama oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Dishub Jawa Timur, Senin (23/3/2015) dimulai Pekan Keselamatan ditandai dengan pemeriksaan kesehatan awak bus di Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo.

Pemeriksaan kesehatan untuk awak bus dilakukan dengan memeriksa tensi darah, kadar alkohol dalam darah, serta pemeriksaan fisik lainnya, oleh tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

“Pekan Keselamatan kali ini memang ditandai dengan pemeriksaan kesehatan yang ditujukan bagi sleuruh awak bus. Mulai dari sopir, kondektur sampai dengan kernet,” papar May Ronald Kepala UPT Terminal Purabaya.

Pemeriksaan kesehatan, lanjut May Ronald, menjadi bagian penting lantaran para sopir dan segenap awak bus ini memiliki tugas serta tanggungjawab cukup berat terkait dengan nyawa manusia.

“Oleh karena itu, setiap hari sebelum melakukan aktivitas profesinya sebagai awak bus, mereka harus benar-benar sehat. Kalau mereka kurang fit, bisa berpengaruh pada pekerjaannya. Ini penting,” tambah May Ronald.

Sekurangnya 31 awak bus terdiri dari para sopir mengikuti pemeriksaan kesehatan. Dan dari jumlah itu, berdasarkan laporan petugas tim pemeriksaan kesehatan, seluruhnya negatif narkoba dan alkohol.

“Ada 4 sopir yang kadar gulanya agak tinggi. Selain itu seluruhnya negatif,” tegas May Ronald pada suarasurabaya.net.(tok/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs