Sabtu, 4 Mei 2024

Peluru Kendali dari Yaman Menewaskan Tiga Orang di Najran

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi

Peluru kendali diluncurkan dari Yaman mengenai kota perbatasan di Arab Saudi dan menewaskan tiga warga. Hal ini, disebutkan oleh kerajaan Arab Saudi, adalah pelanggaran gencatan senjata untuk membantu perundingan perdamaian.

Juru bicara pertahanan sipil Kerajaan Arab Saudi seperti dilansir Antara mengutip kantor berita SPA, mengatakan, serangan pada Sabtu di wilayah Najran itu menewaskan seorang warga Arab Saudi dan dua pekerja asal India.

Serangan itu dilakukan setelah sekutu pimpinan Arab Saudi, yang bertempur melawan pemberontak dukungan Iran di Yaman, mengumumkan bahwa dua peluru kendali balistik diluncurkan pada Jumat ke arah kerajaan itu.

Salah satu peluru kendali itu ditangani pertahanan udara Arab Saudi, sementara yang lain mengenai wilayah padang pasir bagian timur Najran. Belum ada keterangan resmi mengenai kerusakan dan korban luka lainnya akibat kejadian tersebut.

Serangan ini memicu penjaga perbatasan Arab Saudi mengulangi peringatan yang menyebutkan warga setempat sebaiknya menjauhi garis depan.

Pada Kamis, badan pertahanan sipil mengatakan seorang warga mengalami luka-luka dari serangan yang dilakukan oleh Yaman di wilayah perbatasan Jazan.

Gencatan senjata yang ada telah berulang kali dilanggar sejak diberlakukan saat pertemuan yang disponsori PBB dilakukan pada Selasa di Swiss.

Sejak Maret lalu, Arab Saudi memimpin persekutuan Arab tempat pesawat tempur dan pasukan mereka mendukung Presiden yang diperangi, Abedrabbo Mansour Hadi, melawan pihak pemberontak, yang telah menguasai ibu kota dan wilayah lain.

Data Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutkan, lebih dari 5.800 orang tewas dan sekitar setengahnya merupakan warga sipil dan lebih dari 27.000 orang terluka di Yaman sejak saat itu.

Sementara di Arab Saudi, lebih dari 80 orang yang sebagian besar di antara mereka merupakan tentara dan penjaga perbatasan, tewas dalam penembakan dan perkelahian lintas batas sejak Maret lalu. (den/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs