Jumat, 17 Mei 2024

Pemerintah Siap Bantu Sisa Pembayaran Korban Lumpur Lapindo

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan

Khofifah Indar Parawansa Menteri Sosial siap mengakomodasi sisa pembayaran terhadap korban lumpur Lapindo yang sampai dengan saat ini masih belum tuntas.

“Pada prinsipnya, kalau itu terkait dengan ganti rugi kepada warga masyarakat, pemerintah siap untuk membantu dan kalau ada permasalahan, tentunya bisa dikomunikasikan,” katanya seusai mengunjungi percetakan PT Jasuindo Tiga Perkasa di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (14/10/2015) seperti dikutip Antara.

Ia mengemukakan bahwa dana talangan yang diberikan oleh pemerintah itu memang harus dilakukan verifikasi terlebih dahulu dalam hal ini adalah Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS).

“Kalau bisa masyarakat yang masih tersisa untuk proses pembayaran tersebut supaya berkumpul untuk membahas penyelesaian pembayaran ini. Jangan sedikit-sedikit,” katanya.

Oleh karena itu, peranan dari Panita Khusus Lumpur DPRD Kabupaten Sidoarjo bisa membantu melakukan mediasi terkait pembayaran ini.

“Kemudian pansus melakukan klasifikasi permasalahan seperti apa, supaya pembayaran bisa segera terlesaikan,” kata Ketua PP Muslimat NU itu.

Jika yang jadi permasalahan itu adalah penentuan tanah kering atau tanah basah yang belum terbayarkan, maka Khofifah menyatakan bukan tanggung jawab Kementerian Sosial.

“Yang jadi wilayah kementerian kami adalah permasalahan seperti ahli waris atau juga masalah yang lain terkait dengan korban lumpur itu,” katanya.

Pihaknya tetap melakukan koordinasi lintas sektoral seperti dengan Kementerian Agraria dan juga dengan Kementerian Pekerjaan Umum.

“Kami berharap sisa pembayaran terhadap korban lumpur ini bisa segera terselesaikan dengan cepat,” katanya.

Dari data yang berhasil dihimpun pada pekan ini terdapat 11 berkas yang dicairkan sehingga yang belum terbayar tinggal 128 dari total 3.331 berkas.

“Nominal 11 berkas sebesar Rp2,04 miliar. Sehingga total nominal yang sudah cair Rp703,884 miliar,” kata Khusnul Khuluk Koordinator Pengaduan Validasi Badan Penaggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS). (ant/dop/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
26o
Kurs