Jumat, 26 April 2024

Pengadilan Tunda Praperadilan OC Kaligis

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
OC Kaligis tersangka kasus suap hakim PTUN Medan memasuki gedung KPK untuk diperiksa di Jakarta, Rabu (15/7/2015). Foto: Antara

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menunda sidang praperadilan yang diajukan Otto Cornelis Kaligis, pemohon dalam kasus dugaan penyuapan terhadap hakim PTUN Medan, hingga Selasa (18/8/2015).

Mengutip ,i>Antara, Suprapto Hakim Ketua di Jakarta, Senin (10/8/2015) mengatakan, penundaan tersebut dikarenakan ketidakhadiran termohon yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam sidang praperadilan pada Senin pukul 11.00 WIB.

Menurut dia, KPK telah mengajukan surat penundaan sidang untuk mempersiapkan bukti-bukti, saksi, dan surat-surat administrasi lainnya hingga dua minggu ke depan.

“Pengadilan akan ambil sikap, tidak mengikuti maunya KPK atau pemohon. Kita akan tunda satu minggu. Apabila tidak hadir dalam sidang selanjutnya, pemohon langsung ajukan bukti surat maupun saksi,” kata Suprapto.

Ia menjelaskan, memang tidak ada keharusan bagi pihak termohon untuk hadir dalam sidang, namun pihaknya akan memastikan pemanggilan akan terus dilakukan secara benar.

Dalam kesempatan yang sama, kuasa hukum OC Kaligis mengatakan, hingga kini, pihaknya belum menerima kepastian kehadiran KPK pada sidang perdana praperadilan yang diajukan kliennya.

“Sampai sekarang KPK belum memberikan jawaban. Biasanya, menurut saya, KPK tidak langsung jawab, bisa saja (Selasa, 11/8/2015) besok,” tutur Johnson Panjaitan Anggota Kuasa Hukum saat ditemui sebelum dimulainya sidang.

Dia berpendapat, apabila sidang praperadilan dapat cepat dilaksanakan maka pihaknya juga bisa dengan segera membacakan permohonan dalam agenda sidang yang diajukan tersangka dalam kasus dugaan penyuapan hakim di PTUN Medan tersebut.

Pengajuan permohonan praperadilan oleh tersangka yang berprofesi sebagai pengacara tersebut telah terdaftar dengan Nomor Perkara 72/Pid.Prap/2015/PN.JKT.SEL dan Nomor SK 368/SK/HKM/VII/2015.

KPK resmi menahan OC Kaligis pada 14 Juli 2015 terkait kasus dugaan tindakan pidana korupsi di PTUN Medan, Sumatera Utara, setelah menjemput paksa di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Penahanan dilakukan KPK usai melakukan pemeriksaan terhadap OC Kaligis selama kurang lebih lima jam sejak pukul 15.50 WIB hingga pukul 21.00 WIB, dan selanjutnya KPK membawa OC ke Rutan KPK cabang Pomdam Guntur, Jakarta.

Penahanan tersebut didasarkan pada hasil pemeriksaan yang dilakukan penyidik KPK di kantor OC Kaligis dan menemukan petunjuk yang mengarah pada keterlibatan pengacara tersebut pada kasus di PTUN Medan.(ant/iss/tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs