Kamis, 23 Mei 2024

Perampingan Pohon dan Cek Reklame Antisipasi Puting Beling

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Memasuki musim pancaroba, Pemerintah Kota Surabaya melakukan perampingan pohon dan pengecekan reklame.

Sumarno Kepala Bakesbanglinmas dan Sekretaris Satlak PB Kota Surabaya pada Radio Suara Surabaya mengatakan, tiga minggu yang lalu Pemkot Surabaya sudah melakukan rapat koordinasi dengan Satlak termasuk BMKG menjelang musim pancaroba.

“Seperti sebelum-sebelumnya, puting beliung maupun petir banyak menimbulkan dampak-dampak negatif,” kata dia.

Antisipasi dari SKPD seperti Dinas Kebersihan dan Pertamanan yakni dengan melakukan perampingan pohon seperti di jalur protokol. Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang melakukan pengecekan reklame yang berpotensi ambruk atau sampai terbang terbawa angin.

“Ini termasuk melakukan pengecekan gedung atau rumah tinggi yang kemungkinan terkena imbas. Mudah-mudahan pancaroba kali ini tidak sampai ada kejadian, tapi angin kencang tetap diprediksi terjadi,” ujar dia.

Untuk SKPD lain, lanjut dia, akan mengikuti kegiatan antisipasi seperti PLN, Telkom, Dinas Perhubungan, PDAM dan lainnya. Tapi yang melakukan antisipasi awal adalah DKP serta Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang.

Pengawasan pelaksanaan langkah antisipasi ini, kata dia, dilakukan melalui kecamatan, kelurahan dan diteruskan ke RT serta RW.

“Kami juga imbau untuk melaporkan adanya pohon tinggi, reklame, tower yang mulai goyang pada kami. Kami akan langsung meneruskan ke dinas terkait untuk ditindaklanjuti atau dilahkan telepon ke nomor 0315343000,” tambah dia. (dwi/rst)

Teks Foto :
– Perantingan pohon di jalan dr. Soetomo Surabaya
Foto : dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Kamis, 23 Mei 2024
30o
Kurs