Rabu, 24 April 2024

Perawatan Kabel TL Selalu Jadi Prioritas Jelang Musim Hujan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Perawatan sebelum musim penghujan dilakukan Dishub Surabaya. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Mencegah agar traffic light (TL) tidak sampai padam akibat hubungan arus pendek, karena kabel yang tidak terawat, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya memprioritaskan perawatan kabel dilakukan sebelum memasuki musim hujan di Surabaya.

Irvan Wahyudrajad Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya membenarkan bahwa perawatan kabel menjadi lebih penting bagi kelancaran TL di saat musim hujan mulai tiba.

“Biasanya, berdasarkan catatan kawan-kawan di lapangan, kerusakan TL bisa jadi akibat kabel yang tidak terawat, dan saat hujan turun mengalami gangguan. Arus pendek misalnya, menjadikan TL padam dan tidak berfungsi. Ini yang kami hindari,” kata Irvan.

Bukan hanya ketika terjadi pemadaman listrik oleh PLN, pihak Dishub Surabaya kata Irvan tetap memastikan kabel dan segala perangkat pendukung TL tetap terjaga fungsinya di saat musim hujan.

“Kalau tidak, justru nanti akan merugikan kami sendiri. Kerusakan perangkat itu akan menjadi berkepanjangan. Oleh karena itu, perawatan kami lakukan sebelum memasuki musim hujan, sebagai bagian rutin perawatan,” tambah Irvan.

Irvan menambahkan selain perawatan pada kabel-kabel TL, pihaknya juga menyiagakan 2 unit mobil patroli serta 2 unit Skywalker yang bisa sewaktu-waktu digunakan.

“Yang pasti persiapan rutin terus kami lakukan, termasuk ketika menghadapi musim hujan. Kami juga berencana menambah regu traffic menjadi 4 regu dalam rangka mengantisipasi padamnya TL di musim hujan,” kata Irvan pada suarausrabaya.net, Selasa (17/11/2015).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs