Senin, 17 Juni 2024

Perbaikan Runway Tuntas, Penerbangan di Juanda Kembali Normal

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Proses perbaikan runway di Bandara Internasional Juanda, Surabaya. Foto: Bruriy Susanto suarasurabaya.net

Jadwal penerbangan untuk keberangkatan dari Terminal Bandara Juanda, baik satu maupun dua, sudah normal kembali. Ini setelah pihak PT Angkasa Pura I, melakukan perbaikan runway hampir lima jam.

“Penerbangan di Bandara Juanda sudah normal, dan runway bisa digunakan pukul 16.00 WIB,” kata Didik Tjatur Prasetya Manager Pelayanan dan Umum Angkasa Pura I, kepada suarasurabaya.net, Senin (19/1/2015).

Didik mengatakan, perbaikan runway titik 10 kilometer 1.600 itu membutuhkan waktu lama, karena landasan runway banyak air yang tergenang. Sebab, lubang runway ada 12 titik, lebar dan panjangnya juga bervariasi.

“Rata-rata lubang runway 30 centimeter hingga 75 centimeter. Sehingga lubang itu tergenang air,” ujar dia.

Untuk menambal lubang, Didik menambahkan, maka genangan air harus dibersihkan dahulu. Selanjutnya, dilakukan pengeringan, jika sudah selesai, baru dilakukan penambalan di landasan runway yang terkelupas.

“Untuk menutup lubang menggunakan aspal khusus. Makanya harus kering betul landasan runway, agar bisa ditutup aspal dan bisa digunakan kembali,” ujar dia.

Dengan selesai diperbaikinya landasan runway 10 kilometer 1.600, maka 52 jadwal penerbangan berangkat bisa melakukan take off dari Terminal Bandara Juanda satu maupun dua. Serta 38 jadwal penerbangan untuk melakukan landing. (riy/ipg)

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
30o
Kurs