Minggu, 26 Mei 2024

Selamat Ulang Tahun Waldjinah, Sang Ratu Keroncong Indonesia

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Waldjinah saat ditemui oleh Fadli Zon Wakil Ketua DPR RI. Foto: Istimewa

Di masa lalu, siapa tak kenal Waldjinah, salah seorang seniman kebanggaan Indonesia. Sosok yang dikenal sebagai Ratu Keroncong Indonesia itu, pada Sabtu (7/11/2015) ini tepat berusia 70 tahun.

Waldjinah tercatat pernah berduet dengan musisi asal Surabaya yaitu Mus Mulyadi. Selain itu, dirinya juga sering mendendangkan lagu-lagu ciptaan Gesang.

Fadli Zon Wakil Ketua DPR RI, Jumat (6/11/2015) malam bersilaturahim ke kediaman Waldjinah di Solo. Dirinya bertemu Waldjinah dan kedua putranya.

“Dalam kesempatan ini, saya ucapkan selamat ulang tahun ke 70 untuk Bu Waldjinah, semoga semakin sehat dan panjang umur.” ujar Fadli di Jakarta, Sabtu (7/11/2015).

“Kontribusi beliau terhadap perkembangan keroncong dan dunia musik Indonesia luar biasa. Saya termasuk pengagum Waldjinah. Album yang telah dibuat jumlahnya sangat banyak. Piringan hitam saja lebih dari 50,” paparnya.

Fadli Zon mengaku meminta tanda tangan Waldjinah di kertas cover piringan hitam koleksinya, ada sekitar 21 piringan hitam. Tampak tangan pencipta lagu dan penyanyi Walang Kekek itu mulai lemah.

“Piringan hitam Waldjinah ini adalah koleksi saya pribadi. Saya simpan sebagai salah satu koleksi Fadli Zon Library. Kini semakin sulit mendapatkannya baik yang dibuat Lokananta maupun Elshinta Records,” kata dia.

Waldjinah menurut Fadli adalah legenda yang hidup, the living legend. “Ia adalah kekayaan nasional kita, pahlawan kebudayaan khususnya keroncong. Lagu-lagunya telah mewarnai perjalanan jutaan masyarakat Indonesia seperti lagu Walang Kekek dan Jangkrik Genggong,” ungkapnya.

Waldjinah menceritakan sedikit pengalamannya diundang ke berbagai negara. Juga tentang sejumlah lagu yang ia nyanyikan. Lagu “Yen ing tawang ono lintang” karya Andjar Any yang dinyanyikan Wadjinah, termasuk favorit Fadli Zon. “Lirik lagu itu sangat romantis. Kisah nyata,” kata Waldjinah sambil tertawa.

“Selamat ulang tahun ke 70 Bu Waldjinah, Ratu Keroncong Indonesia.”(faz/dop/ipg)

Teks Foto:
– Waldjinah bersama Fadli Zon.
Foto: Istimewa

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
30o
Kurs