Minggu, 19 Mei 2024
Di Surabaya

Seribu Santri Gelar Apel Peringatan Hari Santri Nasional

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Teater santri ketika beraksi di peringatan Hari Santri Nasional di depan kantor PKB Jawa Timur, Kamis (22/10/2015). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Seribu santri gelar apel dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional di depan kantor DPW PKB Jawa Timur, Kamis (22/10/2015) pagi.

Dimulai pukul 07.00 WIB, apel kali ini dipimpin langsung oleh Abdul Halim Iskandar, Ketua DPW PKB Jawa Timur. “Santri yang mengikuti apel kali ini berasal dari beragam daerah,” kata Abdul Halim.

Halim yang juga Ketua DPRD Jawa Timur ini mengatakan, apel kali ini digelar serentak di seluruh DPC PKB yang ada di Jawa Timur.

Usai apel, ratusan santri dari beragam pesantren juga mementaskan aneka kesenian di antaranya teater, drum band, banjari, bantengan serta aneka kesenian lainnya.

Teater yang dipentaskan di antaranya menceritakan resolusi jihad yang dikeluarkan NU yang menjadi cikal bakal terjadinya pertempuran 10 November.

Resolusi jihad yang dikeluarkan Hadratus Syaikh Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945 inilah yang kemudian kini ditandai dan diperingati sebagai Hari Santri Nasional.

Menurut Halim, apel Hari Santri Nasional ini juga akan digelar rutin setiap tanggal 22 Oktober.(fik/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
27o
Kurs