Senin, 29 April 2024

Singapura dan Malaysia Kirim Pesawat Water Bombing untuk Atasi Asap

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi. Pesawat Bombardier CL 415 water bombing. Foto: Wikipedia

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan, koordinasi untuk mengatur bantuan internasional mengatasi bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan terus dilakukan.

Menurut Sutopo, Kementerian Luar Negeri menyatakan saat ini ada lima negara yang akan membantu Indonesia yaitu Singapura, Malaysia, Tiongkok, Australia dan Rusia.

“Hingga saat ini baru Pemerintah Singapura dan Malaysia yang menyampaikan bentuk bantuan dan persiapan pengirimannya. Kemenlu masih menunggu kepastian bantuan beberapa negara,” ujar Sutopo, Jumat (9/10/2015).

Dia mengatakan, Pemerintah Singapura akan mengirimkan satu helikopter Chinook beserta Bambi Bucket yang mampu membawa air 5.000 liter pada Jumat (9/10/2015) pukul 15.00 WIB dari Singapura langsung menuju Palembang.

Selanjutnya pada pukul 16.00 WIB, akan diberangkatkan satu pesawat Hercules C-130 berisi 42 personel pemadam kebakaran dari Badan Pertahanan Sipil Singapura (SCDF), kru dan peralatan.

Sedangkan Malaysia sedang menyiapkan pengiriman satu pesawat Bombardier CL415 water bombing dan satu pesawat Hercules C-130 yang mengangkut kru, peralatan pemadaman kebakaran hutan dan lahan, dan satu helikopter kecil untuk survei dan memandu pemboman air.

“Malaysia sudah kirim permohonan flight clearance kepada Kemenlu. Rencana dikirim 9 dan 16 Oktober 2015,” paparnya.

Sutopo menegaskan, bantuan dari Singapura dan Malaysia ini akan bergabung dengan tim Indonesia untuk memadamkan api dan asap di Sumatera Selatan. Saat ini pemerintah Indonesia sudah menempatkan lima helikopter water bombing (MI-171, 2 unit MI-8, Bell-214, Bolkow), 2 pesawat Air Tractor water bombing, dan 1 Casa 212.

BNPB akan menambah helikopter water bombing. Selain itu juga dikerahkan 3.694 personil tim gabungan dari TNI, Polri, BNPB, BPBD, Manggala Agni dan lainnya. TNI dan Polri akan menambah kekuatan untuk operasi di darat.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs