Jumat, 17 Mei 2024

Tahun Baru Imlek, Barongsai Blusukan Kampung Tambak Bayan

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Pertunjukan Barongsai di kampung Tambak Bayan saat peringatan tahun baru Imlek 2566. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Perayaan tahun baru Imlek 2566 di Kampung Pecinan, Tambak Bayan, Surabaya dimeriahkan pertunjukan dua Barongsai yang blusukan ke lorong-lorong kampung. Barongsai itu mendatangi setiap rumah yang ada.

Warga dengan senang hati memberikan angpao kepada Barongsai yang menghampiri rumahnya. Tradisi memberi angpao dan mendatangkan Barongsai setiap perayan Imlek masih dipertahankan Warga Tambak Bayan.

Tidak hanya warga setempat, warga sekitar kampung Tambak Bayan juga berdatangan untuk melihat aksi Barongsai tersebut.

Wijaya Pengurus Yayasan Dharma Mulia mengatakan, setiap tahun pihaknya selalu mendatangkan Barongsai untuk berkeliling kampung Tambak Bayan. Selain merupakan tradisi leluhur, pertunjukkan Barongsai ini untuk memberikan hiburan kepada warga, sekaligus mengingatkan bahwa hari ini merupakan tahun Baru Imlek.

“Setiap tahun diadakan. Tujuannya untuk menghibur dan mengingatkan warga kalau hari ini hari raya Imlek,” kata Wijaya kepada wartawan, Kamis (19/2/2015).

Sementara itu, Eni Sulistyawati warga Tambak Bayan mengatakan, dirinya masih memegang teguh tradisi leluhur memberikan angpao saat hari raya Imlek. Dia mempercai jika dengan memberikan angpao, maka kehidupan akan lebih baik, lebih sejahtera, dan semakin lancar rejekinya.

“Ini tradisi leluhur. Maksudnya agar tahun depan lebih baik lagi, lebih sejahtera, dan lancar rejeki,” kata dia. (wak/fik)

Teks Foto:
– Warga Kampung Tambak Bayan memberikan angpao kepada Barongsai yang menghampiri.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
33o
Kurs