Selasa, 14 Mei 2024

Umat Kristen Misa Natal Berbusana Adat Bali

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Perpaduan adat dan budaya Bali begitu kental saat umat Kristen di Banjar Tuka, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali melaksanakan Misa Natal di Gereja setempat, Kamis malam.

Di Gereja Paroki Tritunggal Mahakudus, Banjar Tuka pada misa Natal umat Kristen mengenakan busana adat Bali, sehingga tampak berbeda dengan suasana peranyaan Natal di daerah lainnya.

Kaum perempuan kebanyakan mengenakan kain dan baju kebaya serta pria mengenakan kain, baju dan udang (ikat kepala). Jemaat mengenakan busana khas Bali itu berbondong-bondong ke gereja tertua di desa itu yang sudah beberapa kali mengalami perbaikan.

Para jemaat sebelum memasuki tempat suci itu terlebih dulu masing-masing memercikkan kepalanya dengan air suci di depan pintu masuk.

I Gusti Ngurah Darmadi Ketua Dewan Pastoral Paroki Tritunggal Mahakudus Tuka, mengatakan, Misa Natal yang dilakukan warga Banjar Tuka dalam merayakan Natal memang berbeda dengan daerah lainnya pada umumnya.

“Di sini kami mengenakan pakaian adat Bali. Bahkan di depan gereja dipasang penjor dan di dalam gereja dihaturkan rangkaian janur kombinasi buah-buahan (sesajen),” ujarnya.

Ia mengatakan, warga masyarakat setempat mewarisi tradisi tersebut sejak 78 tahun silam.

“Ini memang sudah berlaku sejak zaman nenek moyang kami. Walaupun diguyur hujan perayaan Misa Natal cukup lancar dan semoga umat manusia dapat hidup rukun berdampingan satu sama lain,” kata I Gusti Ngurah Darmadi seperti dilansir Antara.

Banjar Tuka termasuk pemekaran pemukiman di sekitarnya berpenduduk 800 kepala keluarga, mayoritas beragama Kristen. Suasana alam lingkungan pedesaan itu masih tampak lestari dan menghijau itu merupakan dusun pertama di Bali yang penduduknya memeluk agama Kristen, sejak tahun 1937 atau 78 tahun yang silam.

Penyebaran agama Kristen itu ditandai dengan pelaksanaan baptis pertama oleh penginjil Tshang Toha (China) kepada sejumlah penduduk di Tukad Yeh Poh, Desa Dalung, Kabupaten Badung.

Dua aliran Kristiani masing-masing Katholik berkembang di Desa Tuka, dan Kristen Protestan di Dusun Untal-Untal, Kabupaten Badung. Pada tahun 1937 ajaran tersebut kemudian disebarkan ke beberapa daerah lain di Bali oleh misionaris asal Jawa Timur.

Para pemeluk Kristen kemudian menyebar ke daerah pedalaman di Desa Palasari, Desa Gumbrih dan beberapa desa sekitarnya di wilayah Kabupaten Jembrana, Bali barat.

Selain itu juga berkembang ke wilayah Kabupaten Tabanan, khususnya di desa Piling, Negesta, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan dan daerah lainnya di Pulau Dewata.

Oleh sebab itu perayaan Natal di desa-desa di Bali umumnya berbeda dengan perayaan Natal di gereja-gereja yang ada di jantung Kota Denpasar maupun hotel-hotel berbintang di kawasan Nusa Dua, Kuta, Kabupaten Badung maupun Sanur, Kota Denpasar.(ant/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
29o
Kurs