Kamis, 2 Mei 2024

Aksi Unjuk Rasa Tertib, Arus Lalin Ramai Lancar

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Situasi Jalan Pahlawan saat berlangsung aksi unjuk rasa buruh di depan Kantor Gubernur. Foto: sayfull via e100ss

AKP Antara Kanit Lantas Polsek Bubutan mengatakan, arus lalu lintas dari Jalan Rajawali ke Jalan Pahlawan tersendat di depan Kantor Gubernur karena adanya aksi unjuk rasa. Separuh badan jalan terpakai oleh para pengunjuk rasa yang berada di sisi Timur dekat kantor Gubernur. Namun situasi dan lalu lintas tetap kondusif.

“Tidak ada pengalihan atau penutupan. Arus lalin dialirkan saja. Lalu lintas yang terhambat dari Jalan Kebun Rojo – Jalan Pahlawan. Memang agak tersendat,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Kamis (29/12/2016).

Ada 700-an buruh pengunjuk rasa yang hingga pukul 15.00 WIB masih melakukan orasi. Menurut AKP Antara, proses unjuk rasa tinggal penyampaian hasil mediasi.

Antara mengatakan, tidak adanya pengalihan arus atau penerapan pola khusus di lajur Jalan Pahlawan karena dua sampai tiga lajur di Jalan itu masih bisa dilewati kendaraan kecil. Sedangkan 2 lajur lain untuk kendaraan besar seperti truk.

Di lokasi, polisi telah melakukan penjagaan dan pengamanan aksi unjuk rasa. “Ada 150 personil yang di lapangan. Tapi khusus (petugas) Lantas ada 25 personil. Saat ini cuaca agak redup. Beruntung juga, sehingga pengunjuk rasa dan kami yang di lokasi tidak kepanasan,” katanya lalu tertawa.

Kanit Lantas Polsek Bubutan ini memastikan bahwa situasi lalu lintas di lokasi berlangsungnya unjuk rasa, ramai lancar. Unjuk rasa juga berlangsung kondusif. Dia pun berharap semoga hingga akhir unjuk rasa dan pembubaran massa juga berlangsung tertib.

“Untuk pengguna jalan, kalau ada aksi seperti ini jangan dilihat. Apalagi sampai berhenti, buat memfoto. Jalan terus saja, supaya lalu lintas tidak semakin tersendat,” katanya.

Perlu diketahui, sejak tadi pagi ratusan buruh kembali berunjuk rasa di Kantor Gubernur Jawa Timur Jalan Pahlawan Surabaya. Massa mendesak gubernur segera menerapkan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) Jawa Timur tahun 2017.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs