Jumat, 19 April 2024

DKP Targetkan 5 Ribu Titik PJU LED untuk Mencegah Kejahatan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Petugas memasang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di frontage road sisi barat Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Sabtu (23/1/2016). Foto: Totok suarasurabaya.net

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya akan menambah penerangan jalan umum (PJU) di Surabaya berjenis Light Emitting Diode (LED), untuk mencegah kejahatan.

Khalid Buchari Kepala DKP Kota Surabaya mengatakan, jumlah PJU yang sudah terpasang di Surabaya saat ini sebanyak 80 ribu. Namun, hanya 8 persen PJU yang sudah menggunakan lampu LED.

DKP menargetkan pemasangan PJU baru berjenis LED di lima ribu titik di Surabaya pada 2016 ini, demi mengantisipasi kejahatan.

“Iya, ada sekitar 5 ribu titik yang akan kita pasang selama 2016 ini,” ujarnya.

DKP telah menyiapkan anggaran pengadaan lampu LED yang dianggap lebih terang, bebas polusi, dan perawatannya lebih mudah. Harga per unit lampu LED, kata Khalid, mencapai Rp7 juta.

“Kalau soal anggaran saya tidak hafal. Nanti kami informasikan lagi,” katanya.

Adapun beberapa lokasi yang menjadi target pemasangan PJU jenis LED antara lain di kawasan Middle East Ring Road (MERR), Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Urip Sumoharjo.

Mengenai masih banyaknya PJU yang dikeluhkan oleh masyarakat Surabaya, baik melalui aplikasi e-Wadul, maupun situs aduan masyarakat Pemkot Surabaya, dia mengatakan sudah merespons dengan melakukan penggantian lampu.

“Kami mohon maaf, kalau sebelumnya penanganannya lama. Kalau tinggal mengganti lampu, ya cepat. Tapi memang kemarin jaringannya yang bermasalah,” katanya.(den/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs