Selasa, 21 Mei 2024

DPR Gelar Lomba Panjat 71 Bambu Betung

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ade Komarudin Ketua DPR RI saat membuka acara lomba panjat Bambu Betung sebanyak 71 grup. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Indonesia, DPR RI menggelar pesta rakyat dengan mengadakan lomba panjat bambu betung yang jumlahnya 71.

Lomba ini diikuti oleh karyawan dan petugas pengamanan dalam (Pamdal) DPR RI. Hadiah utama dari lomba panjat bambu betung ini adalah sepeda motor, selain itu ada beberapa sepeda dan lainnya.

Ade Komarudin (Akom) ketua DPR RI yang membuka acara ini mengatakan, DPR sengaja memakai bambu betung karena pohon pinang yang biasanya dipakai dikhawatirkan akan punah kalau sering dipakai untuk lomba panjat ini.

“Perlombaan panjat Bambu Betung, tidak seperti biasanya panjat pinang. Kenapa panjat Bambu Betung karena Bambu Betung itu banyak. Dan pinang itu mulai langka. Perlu waktu lama untuk reproduksi pohon pinang yaitu 15 tahun. Jadi kalau kita tebangin terus, kian hari kian habis pohon pinang itu. Makanya diganti dengan panjat bambu betung,” ujar Akom saat pidato pembukaan lomba di area gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Sabtu (20/8/2016)

Dia berharap, dengan diadakan lomba panjat bambu betung ini, masyarakat bisa memaknai peringatan 17 Agustus dengan lebih baik lagi. Selain panjat bambu betung, dalam pesta rakyat ini, DPR juga mengadakan lomba mewarnai untuk anak-anak.

“Mudah-mudahan., dengan penyelenggaraan beberapa kegiatan ini, akan menambah kita semua rasa nasionalisme dengan memaknai peringatan 17 Agustus dengan lebih baik lagi,” kata dia.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs