Jumat, 17 Mei 2024

Ditpolair Polda Jatim Dapat Hibah Kamera Canggih Pengintai Perompak

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Anggota Ditpolair saat mendapat pelatihan penggunaan kamera penjejak panas dari Departemen Kehakiman Amerika. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Ditpolair Polda Jatim mendapatkan hibah peralatan kamera penjejak panas dari Departemen Kehakiman Amerika Serikat. Meski hanya satu unit, alat tersebut bisa mendeteksi pergerakan perompak di malam hari.

AKBP Heru Prasetyo Kepala Satuan Patroli Daerah (Satrolda) Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Jatim mengatakan, alat tersebut merupakan alat pengintai yang canggih. Kesulitan pemantauan obyek di malam hari bisa teratasi dengan hadirnya kamera penjejak panas ini.

“Pergerakan perompak bisa terpantau jelas. Kami juga bisa menjadikan Pantauan sebagai barang bukti karena bisa untuk merekam,” ujarnya, Jumat (5/8/2016).

Dalam menggunakan alat seharga Rp140 juta ini, anggota Ditpolair telah mendapat pelatihan langsung dari ahlinya. Kevin Mansheim seorang ahli dari Amerika memandu penggunaan alat ini.

Kevin mengatakan, alat ini merupakan hibah sebagai bentuk kerja sama antara Amerika dan Indonesia. Alat tersebut bisa mendeteksi benda lewat gradasi warna yang terlihat di layar.

“Suhu manusia dengan benda di sekitarnya bisa dibedakan lewat gradasi warna itu. Jadi, lebih mudah mendeteksinya,” katanya. (bid/tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
32o
Kurs