Senin, 6 Mei 2024

Ini Manfaat Berlatih Yoga Kata Anjasmara

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Anjasmara saat berkunjung ke Radio Suara Surabaya, Sabtu (1/10/2016). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Rutin berlatih yoga dapat mengobati keluhan penyakit ringan, seperti pusing dan napas pendek, kata Anjasmara, aktor yang kini menjadi instruktur yoga.

“Dulu, pusing sedikit minum obat. Nafasnya pendek, badan gak enak ke dokter. Setelah mengenal yoga, sudah tahu harus bagaimana. Hidup jadi lebih sehat,” katanya saat berkunjung ke Radio Suara Surabaya, Sabtu (1/10/2016).

Menurut Anjasmara, berbagai keluhan penyakit ringan tersebut akibat postur tubuh kita yang kurang proposional sehingga bertumpu pada titik tertentu. “Sering orang berdiri itu salah, bertumpu pada salah satu kaki saja, bahkan hanya pada bagian depan telapak. Jadinya pinggang pegel, nafas berat,” ujarnya.

Keuntungan lain berlatih yoga, kata Anjasmara, adalah badan menjadi fleksibel, pernapasan lega dan dalam, semakin mengenal tubuh sendiri, sehat, fleksibel, fokus, santai dan mengontrol emosi.

“Siapa saja bisa ikut, tidak terbatas pada usia atau gender tertentu. Yoga juga tidak mewajibkan mempelajari agama tertentu. Kita mengambil kesehatannya. Esensi dari yoga adalah menyatukan mind, body and soul,” kata dia.

Sekadar diketahui, Anjasmara pertama kali mengenal yoga pada tahun 2004. Saat itu dia belajar yoga untuk mendukung aktivitas meditasinya. Suami Dian Nitami ini mempelajari yoga dari buku dan video.

Setelah merasakan dampak positif berlatih yoga, pada tahun 2013 hingga 2016, aktor ini juga menjadi instruktur yoga. Anjasmara telah meraih sertifikat mengajar yoga selama 200 jam dan akan meraih sertifikat mengajar yoga selama 500 jam.(iss/bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
32o
Kurs