Jumat, 26 April 2024

Jokowi Presiden Awali Agenda KTT G20 Temui Penguasa Arab di Tiongkok

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Presiden bertemu Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdul Aziz Al-Saud, Wakil Putra Mahkota, sekaligus Wakil Kedua Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Kerajaan Arab Saudi, di Hotel Dahua Boutique. Foto: Istimewa

Joko Widodo Presiden, akan memulai agendanya dalam KTT G20 di Hangzhou, Tiongkok, Minggu (4/9/ 2016). KTT di Hangzhou International Expo Center (HIEC) rencananya akan berlangsung selama dua hari, pada 4 hingga 5 September 2016.

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri mengatakan, ada beberapa acara yang akan diikuti oleh Presiden pada KTT G20. “Setelah pembukaan hari ini, ada satu sesi gala dinner, sementara empat sesi lainnya akan diselenggarakan besok Senin (5/9/2016),” kata Retno Marsudi.

KTT G20 Tiongkok ini mengusung tiga pilar utama. Antara lain inovasi, revolusi industri baru, dan ekonomi digital. Ketiga pilar ini akan diterjemahkan ke dalam lima sesi yang akan dibahas selama KTT berlangsung. Jokowi Presiden akan menjadi pembicara utama pada sesi kedua.

Sebelumnya, Jokowi melakukan kunjungan ke kantor Huawei. Huawei adalah perusahaan telepon pintar terbesar ketiga setelah Samsung dan Apple. Presiden melakukan pertemuan dengan Ms. Sun Yafang Chairwoman Huawei Technologies dan membahas berbagai kemungkinan kerja sama yang dapat dilakukan antara Indonesia dan Huawei.

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri mengatakan, kemungkinan kerja sama dengan Huawei adalah di bidang pendidikan kejuruan di Research Centers yang dimiliki Huawei baik yang ada di Tiongkok maupun di Eropa dan Amerika Serikat.

“Huawei juga sudah memiliki kerja sama dengan enam universitas besar di Indonesia untuk alih teknologi,” ujar Retno. Rencananya, sambung Retno, Indonesia akan bekerja sama dengan Huawei dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta.

Hari ini, Minggu (4/9/2016) Jokowi Presiden dijadwalkan bertemu dengan Y.M. Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdul Aziz Al-Saud, Wakil Putra Mahkota, sekaligus Wakil Kedua Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Kerajaan Arab Saudi, di Hotel Dahua Boutique, Hangzhou.

Turut mendampingi Jokowi Presiden, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, Sri Mulyani Menteri Keuangan, dan Pramono Anung Sekretaris Kabinet.(jos)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs