Sabtu, 18 Mei 2024

Miliki Pesona Alam, Pemerintah Akan Kembangkan Kawasan Danau Toba

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Jokowi saat berkunjung ke Danau Toba, Sumatra Utara, Senin (22/8/2016). Foto : setpress

Joko Widodo Presiden dan Ibu Negara, Senin (22/8/2016), meninjau lokasi yang akan dijadikan kawasan wisata di Desa Parulohan, Kecamatan Lintongnihuta, Provinsi Sumatera Utara.

Peninjauan ini sekaligus mengakhiri rangkaian kunjungan kerja Presiden ke Sumatera Utara.

Presiden menjelaskan, kunjungannya ini untuk melihat alternatif lokasi yang nantinya akan ditetapkan sebagai wilayah pengembangan kawasan Danau Toba.

Berdasarkan informasi yang diperoleh suarasurabaya.net dari Hasundutan Dosmar Banjarnahor Bupati Humbang, lokasi yang ditinjau Presiden kali ini diketahui memiliki luas 400 hektar.

“Di sini bisa dikembangkan lebih besar lagi. Kawasan di sini bisa dipakai untuk taman bunga, tentu saja diberi tambahan lain seperti resort atau hotel untuk meeting. Sehingga bisa memberikan dampak ekonomi pada lingkungan,” katanya.

Menurut Presiden, apabila telah diputuskan, nantinya kawasan ini akan diperbaiki, dikembangkan, dan dihijaukan kembali. Presiden sendiri menilai apa yang ditawarkan oleh kawasan ini sudah sangat lengkap.

“Jadi yang kita tawarkan adalah pemandangan alam yang kalau melihat ke sana danau terlihat sekali, ada air terjunnya, di bawah itu ada peninggalan warisan situs sejarah Sisingamangaraja. Cantik sekali, kalau menurut saya komplit,” ujar Jokowi.

Selain di lokasi ini, alternatif pengembangan Kawasan Danau Toba lainnya berada di Kabupaten Simalungun. Tapi belum diputuskan, bisa dua-duanya dikembangkan.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut di antaranya Luhut Binsar Panjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Siti Nurbaya Bakar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Arief Yahya Menteri Pariwisata dan Erry Nuradi Gubernur Sumatera Utara.

Usai meninjau kawasan tersebut, Presiden dan Iriana Ibu Negara langsung menuju Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara. Kemudian, Presiden dan Ibu Negara meninggalkan lokasi menggunakan pesawat CN-295 TNI AU menuju Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang.

Dari Bandara Kualanamu, Presiden akan bertolak menuju Jakarta menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dan diperkirakan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada sore hari. (jos/tit/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs