Jumat, 3 Mei 2024

Pelunasan Pendaftaran Jemaah Calon Haji Dibuka Hari Ini

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Jamaah haji tahun 2015. Foto: Dodi/Dok. suarasurabaya.net

Farmadi Hasyim Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surabaya mengatakan, pelunasan pendaftaran Jemaah Calon Haji (JCH) Surabaya dibuka, Kamis (19/5/2016).

Pelunasan tahap pertama ini, menurutnya akan berlangsung hingga 10 Juni 2016 yang akan datang. Pelunasan dapat dilakukan di masing-masing tempat mendaftar pertama kali.

“Jadi mulai hari ini calon jemaah haji sudah bisa melunasi pendaftaran di bank tempat mendaftar. Misalnya daftarnya dulu di BSM, bisa melunasi di BSM,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Kamis (19/5/2016).

Pada tahap pertama pelunasan pendaftaran haji ini, Kemenag Jatim memprioritaskan JCH yang belum pernah berangkat haji. Sedangkan untuk JCH yang sudah bertitel Haji, diberikan waktu pada pelunasan tahap kedua.

“Untuk yang sudah pernah haji, diarahkan ke tahap kedua nanti pada 20 Juni sampai 30 Juni. Termasuk untuk calon haji lansia (lanjut usia),” katanya.

Saat ini, Farmadi memperkirakan jumlah JCH Surabaya yang akan berangkat ke Mekah pada 2016 ini ada sebanyak 2.100 orang. “InsyaAllah, 2.100 orang dari Surabaya,” katanya. Sedangkan JCH secara keseluruhan di Jatim sebanyak 27.323 orang jemaah.

Para JCH yang bisa melakukan pelunasan ini, kata Farmadi, adalah mereka yang telah terdaftar memiliki porsi untuk masuk pada 2016. Kecuali lansia, yang memang menunggu sisa kuota haji yang ada.

“Berdasarkan usulan lalu, mereka calon haji lansia di atas 75 tahun ini menunggu sisa kuota pada tahap kedua pelunasan. Itu pun diutamakan yang berusia paling tua,” ujarnya.

Warga Surabaya lansia yang sudah mendaftar saat ini sejumlah 224 orang. Telah diketahui, JCH tertua asal Surabaya sudah berusia 84 tahun.

Setelah pelunasan, JCH Surabaya bisa menyerahkan selip pelunasan kepada Kemenag Kota Surabaya bersama paspor, kemudian data itu dikirimkan ke pusat untuk pemrosesan visa.(den/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
31o
Kurs