Jumat, 17 Mei 2024

Pengemudi Uber Berhak Atas 730 Juta Dolar dari Perusahaan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Pengemudi layanan transportasi Uber di Kalifornia dan Massachussetts selama tujuh tahun terakhir berhak mendapatkan penggantian biaya sekitar 730 juta dolar AS jika mereka berstatus sebagai karyawan bukan sekadar tenaga kontrak.

Seperti dilansir Antara, angka tersebut, yang dihitung oleh pengacara pengemudi Uber dalam gugatan terhadap perusahaan, berdasarkan data dari Uber dan tingkat standar jarak tempuh penggantian biaya yang ditetapkan oleh pemerintah Amerika Serikat, demikian dokumen pengadilan yang dipublikasikan, Senin waktu setempat (9/5/2016).

Uber membantah gagasan bahwa pengemudi berhak atas tingkat penggantian (reimbursments) tersebut.

Uber dan pesaingnya yang lebih kecil Lyft sedang berusaha menyelesaikan tindakan hukum oleh para pengemudi yang berpendapat bahwa mereka harus diklasifikasikan sebagai karyawan dan berhak mendapatkan penggantian biaya, termasuk biaya bensin dan perawatan kendaraan.

Para pengemudi Uber selama ini membayar sendiri biaya-biaya, terutama berkaitan dengan perawatan kendaraan, Reuters melaporkan.

Proposal Uber mengusulkan membayar pengemudi sampai 100 juta dolar. Seorang hakim federal San Francisco harus memutuskan apakah kesepakatan itu adil, dan total potensi kerugian dalam gugatan ini juga menjadi analisisnya.

Menurut pengacara para pengemudi, total nilai klaim pengemudi dalam kasus Uber berkisar 852 juta dolar, termasuk klaim tips. Uber menghitung nilai total klaim penggugat hanya 429 juta dolar.

Penyelesaian 100 juta dolar hanya mewakili sekitar 12 persen dari potensi 852 juta dolar total kerugian pengemudi, atau sekitar 23 persen dari 429 juta dolar.

Lyft telah sepakat untuk menyelesaikan gugatan 12,250 juta dolar, tapi seorang hakim federal yang terpisah menolak kesepakatan karena hanya mewakili sekitar 9 persen dari nilai potensi klaim pengemudi.

Sementara kesepakatan itu tidak mengangkat pengemudi sebagai karyawan, pengacara untuk pengemudi yang telah memperjuangkan itu, mengatakan bahwa mereka menghadapi risiko yang signifikan karena perkembangan kasus ini.

Mereka juga mengatakan driver yang telah bekerja beberapa bulan bisa berhak atas ribuan dolar masing-masing di bawah ketetapan itu.

Di luar uang, Uber Technologies Inc juga sepakat untuk penghentian kebijakan baru pengaturan pengemudi, termasuk mengakhiri proses banding oleh Uber. Perusahaan swasta itu juga akan mengklarifikasi bahwa driver tidak secara otomatis menerima gratifikasi dari tarif mereka dan memungkinkan mereka untuk meminta tips.

Selain itu, perusahaan setuju untuk membantu dengan mendirikan asosiasi pengemudi. Komiten non material itu memiliki masa berlaku (expire) dalam dua tahun, demikian mengutip laporan Reuters. (ant/dwi/rst)

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
32o
Kurs