Minggu, 7 Maret 2021

Penyelundupan Narkoba Lewat Bandara Juanda Total 13 Kg Digagalkan

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Dua tersangka yang membawa narkoba disimpan di celana dalam saat di Kantor Bea Cukai Juanda. Foto : Bruriy/Dok. suarasurabaya.net.

Penyelundupan narkoba jaringan internasional yang masuk ke Indonesia, selama dua tahun terakhir dari tahun 2014 hingga 2016 melalui Terminal Bandara Juanda, berhasil digagalkan petugas keamanan Bandara dari Avsec, Pengawasan Pelayananan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda dan Satgaspam (Satuan Tugas Pengamanan) Pomal Bandara totalnya sudah sekitar 13.149 gram.

Narkoba itu mulai dari jenis sabu-sabu, ekstasi bentuk serbuk dan ekstasi. Rata-rata yang membawa narkoba itu lebih banyak warga negara Indonesia bekerja sebagai seorang TKI di luar negeri, seperti Malaysia, Taiwan, dan Singapura.

Iwan Hermawan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda mengatakan, dua tahun terakhir dengan total 13.149 gram itu berdasarkan data tabulasi hasil ungkap.

Dimana tahun 2014, dari bulan Januari hingga Desember totalnya ada 8 kasus, yaitu untuk methaphetamine atau sabu-sabu ada 7 kasus dengan berat total sekitar 7.054 gram, satu kasusnya adalah berupa ekstasi dengan bentuk serbuk berat total sekitar 6.150 gram.

“Untuk tahun 2015 hanya satu kasus yaitu narkoba jenis sabu-sabu yang berat totalnya sekitar 310 gram. Artinya penyelundupan di tahun 2015 yang masuk wilayah Bandara Juanda ada penurunan yang cukup signifikan dibandingkan tahun 2014 sekitar 7.054 gram sabu-sabu,” kata Iwan Hermawan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda, kepada suarasurabaya.net, Senin (7/3/2016).

Untuk tahun 2016, selama dua bulan terakhir yaitu Januari dan Februari, penyelundupan narkoba ada peningkatan yang signifikan, selama dua bulan terakhir, ada empat kasus.

“Satu kasus merupakan ekstasi yaitu 20 ribu butir dengan jenis huppy five, kemudian tiga kasus adalah methamphetine atau sabu-sabu totalnya 5.785 gram,” ujar dia. (bry/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Cemengkalang Banjir

Kemacetan di Ngasinan

Kepadatan di Tol Sidoarjo

Sampah di dekat GOR Gapura Unesa

Surabaya
Minggu, 7 Maret 2021
31o
Kurs