Minggu, 5 Mei 2024

Periksa Gigi Gratis, Ajari Anak-anak Peduli Kesehatan Gigi Sejak Dini

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Anak-anak diajak peduli kesehatan gigi sejak dini. Usai mengikuti periksa gigi gratis di UK Petra Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Puluhan siswa SDN Siwalankerto 1 Surabaya, Rabu (23/3/2016) antri di ruang tunggu poli gigi Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya untuk memeriksakan gigi mereka.

Satu persatu anak-anak itu mendapat layanan pemeriksaan kesehatan gigi secara gratis, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan bakti sosial menyambut Paskah 2016 yang digelar UK Petra Surabaya.

“Pemeriksaan gigi sejak usia dini seharusnya memang dilakukan, agar anak-anak juga mengerti dan memahami bagaimana seharusnya menjaga kesehatan gigi. Sejak dini memang harus dilatihkan,” ujar Drg. Weenie Suryaningsih Penanggung Jawab Bakti Sosial poligigi UK Petra.

Dan anak-anak yang memang masih duduk di bangku sekolah dasar itu, secara khusus tidak hanya mendapat layanan pemeriksaan gigi tetapi juga menyaksikan film tentang perawatan kesehatan gigi.

Pemeriksana gigi dilakukan sebatas memeriksa kondisi gigi serta melihat apakah gigi terdapat karang atau tidak. Meskipun layanan pemeriksaan gigi dilakukan secara cuma-cuma dan menyenangkan, beberapa siswa masih saja merasa ketakutan.

Beberapa siswa terlihat menangis menolak untuk ikut pemeriksaan gigi dalam rangka menyambut perayaan Paskah 2016 kali ini.

Tetapi setelah menyaksikan kawan-kawan mereka yang tersenyum dan saling bercerita soal pemeriksaan gigi yang baru saja mereka ikuti, anak-anak yang awalnya takut jadi punya keberanian ikut memeriksakan gigi mereka.

“Seharusnya sekolah juga ikut melakukan upaya-upaya memberikan pelajaran atau perhatian bagi kesehatan gigi anak-anak. Mulai dari cara menggosok gigi yang benar hingga pemeriksaan gigi secara berkala,” kata Weenie pada suarasurabaya.net.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs