Kamis, 9 Mei 2024

Ribuan Unggas Terjangkit Flu Burung di Banyuwangi dan Lamongan Dimusnahkan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Ribuan hewan ternak di Banyuwangi dan Lamongan yang diduga terjangkit virus flu burung dimusnahkan untuk mencegah penularan virus.

Saifullah Yusuf wakil Gubernur Jawa Timur mengatakan, ribuan hewan ternak yang dimusnahkan itu diantaranya 1.500 hewan ternak di Banyuwangi dan 750 hewan ternak di Lamongan.

“Ternak yang terjangkit virus flu burung ini kebanyakan di peternakan rakyat, bukan di peternakan swasta,” kata Gus Ipul pada suarasurabaya.net.

Kata Gus Ipul, ribuan hewan ternak karena flu burung ini disebabkan tidak divaksinasinya hewan ternak saat musim hujan tiba.

“Karena hewan ternak yang tidak divaksinasi saat musim hujan menyebabkan timbul potensi besar unggas terjangkit virus flu burung,” ujar dia.

Beberapa upaya yang sudah dilakukan Dinas Kesehatan setempat, lanjut dia, diantaranya mengeliminasi ternak yang terjangkit virus, melakukan penyemprotan dan vaksinasi pada hewan ternak.

“Alhamdulillah virus flu burung ini tidak sampai menular pada manusia,” katanya.

Selain itu, Pemprov Jatim juga tetap waspada dan mengikuti dengan cermat setiap perkembangan penularan virus flu burung ini.

“Kami juga menyiapkan Rumah Sakit khusus untuk penanganan virus flu burung di lokasi setempat,” tambah Gus Ipul. (dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
32o
Kurs