Jumat, 26 April 2024

Risma Optimis Serapan APBD 2016 Bisa 80 Persen Akhir Tahun

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya. Foto: Faiz/Dok. suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengatakan, serapan anggaran APBD 2016 bisa mencapai 80 persen lebih hingga akhir tahun ini. Sampai saat ini serapan anggaran di beberapa SKPD rata-rata sudah mencapai diatas 70 persen.

“Rata-rata sekarang sudah 70 persen lebih. Aku optimis nanti sampai akhir tahun serapan APBD bisa lebih dari 80 persen,” ujar Risma, Senin (19/12/2016). Berkaca dengan tahun lalu serapan anggaran pemkot bisa mencapai 86 persen.

Risma mengakui, jika serapan anggaran di dinas fisik seperti PU Binamarga memang sedikit terkendala tertundanya penyelesaian proyek-proyek infrastruktur. Manajemen pengerjaan proyek di tahun ini terkendala cuaca tak menentu.

“Hujan juga lumayan tinggi di kemarau basah kemarin,” katanya.

Menurut Risma, penyerapan anggaran di Dinas PU memang terlihat kecil karena digabung uang sisa lelang dan penghematan.

“Kalau 100 persen tidak mungkin. Tapi terus diupayakan. Sisa-sisa lelang dan efisiensi itu juga gede di PU,” katanya.

Sementara untuk serapan SKPD lainnya seperti Dinas Kebersihan dan Pertaman (DKP) sudah 77 persen, Dinas Perhubungan (Dishub) serapannya sampai bulan ini sudah mencapai 72 persen. Sampai akhir tahun, dengan agenda pembayaran termin proyek terakhir, Risma optimis serapan anggaran akan lebih banyak dan optimal.

“Khusus untuk DPUBMP dan DCKTR nanti pasti gede di akhir termin, karena untuk bayar pembebasan tanah juga besar,” katanya. (bid/iss/

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs