Sabtu, 4 Mei 2024

SMA Al Azhar Palu Juara LCC Empat Pilar

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Tiga sekolah yang masuk babak Final Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR tingkat nasional, Kamis (18/8/2016). Foto : Faiz suarasurabay.net

Usai peringatan Hari Konstitusi, tiga sekolah yang masuk babak Final Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR tingkat nasional, langsung masuk gelanggang.

Ketiga sekolah tersebut adalah, SMA Al Azhar Palu, SMAN 1 Longkali, Kalimantan Timur, dan SMAN 3 Pontianak, Kalimantan Barat.

Setelah berjuang babak demi babak, SMA Al Azhar Kota Palu, Sulawesi Tengah berhasil menjadi Juara I.

SMA Al Azhar berhasil meraih nilai tertinggi, 222. Sedang Juara II dalam lomba itu adalah SMAN 1 Longkali, Kalimantan Timur, dan Juara III adalah SMAN 3 Pontianak, Kalimantan Barat.

Kemenangan SMA Al Azhar diraih dalam babak terakhir grand final, yang mempertandingkan satu lawan satu. Dalam babak ini, SMA Al Azhar yang mempunyai nilai 212, mampu menjawab sebuah pertanyaan dengan sempurna sehingga dapat meraih nilai 10. Nilai 10 yang diperoleh mampu mendongkrak nilai menjadi 222. Nilai itu membuat SMA Al Azhar menyalip SMA Longkali yang sudah mempunyai nilai 220. Nilai ini bertahan hingga lomba selesai.

Mengomentari keberhasilan anak didiknya, Shofia Alanur Guru SMA Al Azhar, sambil menangis menuturkan, “Allhamdulillah luar biasa.”

Menurut dia, kemenangan tersebut bukan hanya didasarkan kalah menang namun cara bertahan dalam keadaan apapun.

“Anak didik kami bisa kuat mental dalam keadaan apapun,” ujar Shofia di gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/8/2016).

Dia menceritakan, persiapaan yang dilakukan selama mengikuti lomba cerdas cermat ini adalah dengan memaksimalkan pelatihan selama satu bulan.

“Tidak mengikuti pelajaran apapun, tidak hanya materi lomba namun juga persiapan lainnya,” kata dia.

Kemenangan itu, kata Shofia akan dibagikan kepada siswa-siswa lain di Sulawesi Tengah.

Mengomentari berlangsungnya grand final LCC, Maruf Cahyono Sekjen MPR RI mengatakan, lomba cerdas cermat ini berlangsung sangat luar biasa.

“Mudah-mudahan dengan pemahaman dan pengetahuannya bisa menjadi kesadaran dalam bersikap, bertingkah laku, yang bisa bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” ujar Maruf. (faz/tit)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs