Minggu, 5 Mei 2024

Semarak Takbir Keliling Malam Idul Kurban 1437 Hijriah di Jatim

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Takbir keliling pada malam Idul Adha 1437 Hijriah di Mutiara Regency, Sidoarjo, Minggu (11/9/2016). Foto: Gancar Wicaksono ‏@thegancar via e100ss

Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat untuk merayakan malam menjelang Hari Raya Idul Adha atau Idul Kurban 1437 Hijriah di berbagai daerah di Jawa Timur. Beberapa netter, baik di Facebook e100 maupun di Twitter e100ss mengirimkan sejumlah foto yang menunjukkan bagaimana warga di masing-masing daerah menggelar malam takbiran keliling.

Di Surabaya, Ganda Fendi pemilik akun @gaaann mengirimkan foto-foto takbir keliling di wilayah Gayungan, Surabaya. Foto-foto itu menunjukkan para peserta takbir keliling ini tidak hanya diikuti oleh warga remaja maupun dewasa, tapi juga anak-anak. Turut mengikuti takbir keliling ini, Remaja Muslim Baitus Salam di Gayungan.

“Di Gayungan Surabaya juga ada takbir keliling, min. Mulai anak2 sampe dewasa ikut partisipasi,” ujarnya melalui twitter e100ss, Minggu (11/9/2016).

Malam takbiran Idul Adha juga dilakukan oleh warga Sidoarjo. Beberapa warga di perumahan Kemiri Indah, Kelurahan Sidoarjo melakukan takbir keliling perumahan sekitar. Ini sebagaimana disampaikan oleh Alexis Toni melalui facebook e100 Radio Suara Surabaya. “Acara takbiran di Perumahan Kemiri Indah, RT 20, RW 5 Sidoarjo sangat meriah sekali,” kata Alexis.

Di Kecamatan Jabon, Sidoarjo, ibu-ibu warga desa Dukuhsari turut memeriahkan malam takbiran Idul Adha. Para ibu ini tidak sedikit yang mengajak anak-anaknya. Beberapa tampak menggandeng atau menggendong anak mereka saat berjalan keliling sambil melantunkan takbir.

Sementara di Perumahan Mutiara Regency, Sidoarjo, anak-anak di wilayah itu memeriahkan malam takbir berjalan keliling ke sekitar perumahan dengan membawa obor. Mereka tampak sangat gembira dalam foto yang dikirimkan oleh Gancar Wicaksono, pemilik akun @thegancar melalui Twitter e100ss Radio Suara Surabaya.

Selain di Surabaya dan Sidoarjo, beberapa netter juga mengirimkan foto-foto kemeriahan malam takbir di beberapa daerah lain seperti di Driyorejo, Gresik; Singosari, Malang; juga di Magetan.

Tidak kalah seru, takbir keliling di Driyorejo, Gresik, melibatkan puluhan warga berbaju koko dan berpeci. Mereka berjalan berbondong-bondong mengikuti sebuah mobil pickup yang mengangkut miniatur masjid di bagian bak belakangnya. Suasana takbir keliling ini terlihat dalam foto yang dikirimkan oleh @FirmanAs17 melalui Twitter e100ss.

Denbey Yudhi pemilik akun @beyyudhi mengirimkan foto suasana takbir keliling di Desa Banjararum, Singosari. Di Desa Banjararum ini, seperti halnya di Perumahan Mutiara Regency Sidoarjo, masih menggunakan cara tradisional untuk merayakan malam takbir Idul Adha, yakni dengan membawa obor dan berjalan kaki keliling desa.

Perayaan malam takbir Idul Adha justru terlihat sangat semarak di Magetan. Ada pawai lampion takbir keliling yang digelar melibatkan warga dengan jumlah cukup besar. Hal ini mengakibatkan adanya pengaturan khusus lalu lintas yang dilewati oleh peserta Pawai Lampion Takbir Keliling, demi menghindari kepadatan lalu lintas.

Meski demikian, Satlantas Polres Magetan telah meminta permakluman warga setempat atas adanya hambatan lalu lintas. Hal itu sebagaimana disampaikan akun twitter resmi Traffic Managemen Center (TMC) Satlantas Magetan @LantasResMGTN melalui e100ss. Pihak kepolisian meminta agar warga bersabar bila terjadi kepadatan lalu lintas di dalam kota imbas dari Pawai Lampion Takbir Keliling.

Sebelumnya diberitakan, Polda Jatim telah menyiapkan lebih dari 8.200 personel yang disebar di berbagai tempat wisata, tempat ibadah, dan objek vital di Jawa Timur. Seluruh personel Polri telah diminta untuk berkoordinasi dengan instansi samping, seperti TNI, Satpol PP, serta tokoh agama dan masyarakat.

Irjen Pol Anton Setiadji Kapolda Jatim, Sabtu (10/9/2016) lalu telah mengimbau agar warga di Jatim tidak melakukan takbir keliling. Imbauan ini, kata Anton, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan. “Takbiran di rumah masing-masing saja,” ujarnya. Terkait ancaman teroris di Jatim, Polda tetap waspada baik ada atau tidak ada ancaman.(den)

Teks Foto:
– Suasana takbir keliling malam Idul Adha 1437 Hijriah di Gayungan Surabaya. Foto: Ganda Fendi S ‏@gaaann via e100ss
– Suasana Pawai Lampion Takbir Keliling di Magetan. Foto: TMC Satlantas Mgtn ‏@LantasResMGTN via e100ss

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
25o
Kurs