Senin, 29 April 2024

Tekan Angka Kecelakaan Truk, Polisi Gelar Operasi Patuh di Margomulyo

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menggelar operasi "Patuh Semeru 2016" di Jalan Margomulyo, Kamis (19/5/2016). Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menggelar operasi “Patuh Semeru 2016” di Jalan Margomulyo, Kamis (19/5/2016). Sasarannya, kendaraan roda dua, roda empat, mobil pick up, boks, truk trailer dan kelengkapan surat kendaraan.

“Kita juga melakukan pemeriksaan kunci kontainer. Karena, banyak truk trailer yang bermuatan kontainer itu harusnya dikunci semua, ternyata hanya dikunci beberapa saja, hal ini yang menimbulkan kecelakaan,” kata AKP Mas Arjaka Kasat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (19/5/2016).

Selain itu, dalam operasi ini juga dilakukan pemeriksaan pada perisai truk trailer yang ada disamping kanan dan kiri, posisinya ada di dekat roda. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan.

Sebab, banyak kendaraan, khususnya roda dua saat mendahului truk baik itu dari kanan maupun kiri, kalau mengalami kecelakaan pengendaranya selalu masuk kolong truk. “Padahal perisai truk itu penting, untuk menghindari pengendara yang mengalami kecelakaan masuk itu kolong truk,” ujar dia.

Dalam data unit kecelakaan lalu lintas wilayah Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, selama empat bulan terakhir tahun 2016 angka kecelakaan lalu lintas ada 5 kejadian, korban jiwa 1 orang meninggal, 4 orang mengalami luka-luka.

“Tindakan yang dilakukan dalam operasi ini adalah memberikan surat tilang kepada pengemui, jika melanggar,” ujarnya.

Untuk truk trailer yang melanggar, selain ditilang, kata Mas Arjaka, tindakan yang dilakukan adalah dengan melakukan pendataan. “Nantinya, akan dilakukan sosialisasi dan mengenalkan pentingnya keselamatan dalam mengendara pada sopir,” kata Mas Arjaka.

Sementara dalam operasi tersebut, terdapat 64 pelanggaran yang akhirnya diberi surat tilang. Rata-rata pelanggarannya, tidak dilengkapi surat kendaraan, dan ada juga yang kelebihan muatan.(bry/ipg)

Teks Foto:
– Polisi melakukan pengecekan kontainer pada truk trailer.
Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs