Sabtu, 18 Mei 2024

Terminal Purabaya Bakal Dilengkapi E-Ticketing

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ruang tunggu yang baru di Terminal Purabaya, Bungurasih. Foto: Dishub Surabaya.go.id

Dijadwalkan pemberlakuan tiket online untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) melalui Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo bakal segera terealisasi seiring dengan rampungnya pengerjaan ruang tunggu terminal.

Layanan tiket secara online atau E-Ticketing itu direalisasikan sebagai satu di antara upaya untuk meminimalisir biaya sekaligus mengoptimalkan keamanan serta kenyamanan bagi calon penumpang.

“Meminimalisir biaya itu bukan berarti kemudian tarif bus Antar Kota Antar Provinsi itu menjadi lebih murah. tetapi yang kami harapkan biaya operasionalnya menjadi lebih minim, Juga memberikan kenyamanan bagi calon penumpang,” ujar Irvan Wahyudrajad Plt. Kepala Dishub Surabaya.

Keuntungan penggunaan E-Ticketing, kata Irvan, selain kenyamanan, calon penumpang memperoleh kepastian harga tiket, ketersediaan bus serta kepastian jam keberangkatan armada bus.

Saat ini, dengan pelaksanaan sistem lama, calon penumpang sebagian besar tidak mengetahui berapa harga tiket perjalanan ke kota tujuan yang dikehendaki. Demikian juga dengan ketersediaan armada bus di terminal, calon penumpang tidak dapat memonitor.

“Dengan menggunakan layanan E-Ticketing itu semua terjawab. Calon penumpang tahu kepastian harga tiket, juga tahu keberadaan atau ketersediaan armada bus yang akan dituju ke kota masing-masing. Ini penting sekali,” kata Irvan Wahyudrajad.

Di tengah persaingan dunia transportasi saat ini yang terus menggeliat dan semakin ketat, penggunaan E-Ticketing di Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo diharapkan nantinya akan diikuti oleh terminal-terminal lainnya.

Sementara itu ditambahkan May Ronald Kepala UPTD Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo, bahwa layanan E-Ticketing di temrinal Purabaya akan berhasil dan berjalan sesuai kebutuhan jika juga melibatkan para pengelola PO Bus.

“Melibatkan para pengelola PO Bus untuk memberikan masukan bagi pelaksanaan E-Ticketing juga penting. Karena kebijakan penggunaan E-Ticketing itu nantinya juga akan dirasakan manfaatnya oleh para pengelola armada bus tersebut,” kata May Ronald pada suarasurabaya.net, Selasa (12/1/2016).(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs