Selasa, 21 Mei 2024

Tiongkok Serukan Dialog Saudi-Iran

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Ketegangan yang tengah terjadi antara Arab Saudi dengan Iran mengundang perhatian Tiongkok. Negeri tirai bambu ini menyerukan agar kedua negara yang sedang bersitegang melakukan dialog dan konsultasi.

Dalam pernyataan terpisah pada laman resminya, Kementerian Luar Negeri Tiongkok menyatakan Zhang Ming Wakil Menteri Luar Negeri telah bertemu dengan para pejabat senior Saudi dan Iran.

Di Saudi, Zhang membahas situasi antara Arab Saudi dan Iran serta berharap kedua belah pihak menciptakan ketenangan dan menahan diri dengan memajukan dialog dan konsultasi serta bersama-sama mempromosikan peredaan situasi.

Sementara di negeri para Mullah, Zhang mengulangi pesan mengenai menciptakan ketenangan dan menahan diri ini seraya menambahkan, Tiongkok berharap tercipta perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah.

Negara ini memang bergantung kepada kedua negara yang sedang bertikai ini dalam hal minyak. Karena itulah, belakangan ini Tiongkok aktif dalam diplomasi di kawasan, khususnya mengenai peperangan di Suriah.

Baru-baru ini Tiongkok menjadi tuan rumah dalam pertemuan para menteri luar negeri dan kalangan oposisi, demikian Reuters seperti dikutip Antara, Minggu (11/1/2016). (den/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs