Rabu, 1 Mei 2024

Urai Kemacetan Menuju MAS, Pengendara Bisa Melintas Jalan Layang Ramp 115

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Jalan Layang Ramp 115 Waru - Lingkar MAS merupakan sebagai akses menuju Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS). Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Masyarakat Surabaya dan Sidoarjo, akan mempunyai jalan baru, yakni Jalan Layang Ramp 115 Waru-Lingkar MAS. Lokasinya ada di atas jalan alteri, tepatnya di depan bangunan Mahkamah Militer Tinggi 3, Surabaya.

Ruas jalannya mempunyai panjang 1,203 kilometer, dengan panjang jembatan sekitar 92 meter, lebar badan jalan 10 meter. Letaknya ada dua wilayah, yakni Kelurahan Sepanjang, Kecamatan Taman dan Kelurahan Bungurasih, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.

Sigit Setyawan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Sidoarjo mengatakan, Jalan Layang Ramp 115 Waru – Lingkar MAS merupakan sebagai akses menuju Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS).

Dengan tujuan untuk mengurai kemacetan Jalan di sekitar Bundaran Waru dan Medaeng. Khususnya pengendara yang ingin melintas dan menuju ke Masjid Al Akbar.

Karena, selama ini banyak pengendara yang ingin ke Masjid Al Akbar, selalu memutar dan melintas di sekitar Bundaran Waru dan Medaeng.

“Akses Jalan Layang Ramp 115 Waru – Lingkar MAS ini bermaksud mempermudah pengendara yang ingin ke Masjid Al Akbar,” kata Sigit Setyawan Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Sidoarjo, Kamis (25/8/2016).

Menurut Sigit, bangunan Jembatan Layang Ramp 115 Waru – Lingkar Mas ini merupakan lahan yang dibangun PT Surabaya Lingkar Mas dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

“Untuk perawatannya yang melakukan adalah Dinas PU Bina Marga,” ujar dia.

Sementara rencananya jalan tersebut akan dilakukan ujicoba hari ini. Pengendara yang diperbolehkan untuk melintas adalah kendaraan roda dua dan empat. Sedangkan untuk kendaraan jenis truk tidak diperbolehkan melintas. (bry/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
32o
Kurs