Jumat, 29 Maret 2024

Wiranto Ingatkan Pentingnya Menjaga Persatuan Bangsa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Wiranto Menkopolkam saat hadir di Surabaya dalam rapat 3 Pilar Plus. Foto: Totok suarasurabaya.net

Wiranto Menkopolkam mengingatkan pentingnya masyarakat dan segenap elemen bangsa ini menjaga persatuan dan kesatuan demi kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Wiranto Menkopolkam Republik Indonesia, Jumat (11/11/2016) mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan bangsa dan NKRI. Dan itu menjadi tugas seluruh elemen masyarakat dan bangsa.

“Bukan hanya tugas pemerintah. Tetapi bagaimana menjaga kesatuan dan persatuan bangsa ini adalah menjadi tugas seluruh elemen masyarakat. Pemerintah saja tidak mungkin menjaga persatuan yang sudah diperjuangkan pendahulu kita. Masyarakat juga punya kewajiban menjaga keutuhan persatuan bangsa,” ujar Wiranto.

Lalu Wiranto mencontohkan betapa tidak luas dan kecilnya kerajaan Belanda, tetapi bangsa itu mampu menjajah Indonesia hingga ratusan tahun lamanya. “Bangsa kita justru sangat besar, dan oleh karena itu, kita semua wajib menjaganya,” kata Wiranto.

Dihadapan peserta rapat 3 Pilar Plus yang menghadirkan Gubernur Jawa Timur, Kapolda Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat, Wiranto juga mengingatkan bahwa bangsa ini juga disegani bangsa-bangsa lain di dunia.

Peristiwa 10 November 1945 di Surabaya ditegaskan Wiranto sebagai peristiwa penting yang menjadikan negara dan bangsa lain di dunia tidak lagi memandang sebelah mata.

“Tewasnya Jenderal Mallaby di Surabaya pada peristiwa 10 November 1945 itu juga sangat luar biasa. Bangsa ini punya nilai-nilai luhur dan bisa dibanggakan, ini harus kita jaga dan lestarikan. Dan itu tugas kita bersama,” kata Wiranto.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs