Selasa, 30 April 2024

18 Bangunan Ilegal di Pasar Wonokromo Lama Dibongkar untuk FR Barat

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Sebuah mesin backhoe dikerahkan untuk melakukan pembongkaran bangunan di pasar Wonokromo lama, Senin (6/3/2017). Foto: Denza suarasurabaya.net

PD Pasar Surya menggandeng Dinas terkait seperti Satpol PP Surabaya, Dinas PU Bina Marga, serta Dishub Kota Surabaya membongkar 18 bangunan di lahan pasar Wonokromo Lama, Jalan Raya Wonokromo, Senin (6/3/2017).

Pembongkaran bangunan ini berkaitan kelanjutan pembangunan frontage road barat yang akan diteruskan dari Jalan SMEA (Komplek Khadijah), hingga ke Terminal Joyoboyo.

Sebuah mesin backhoe dikerahkan untuk melakukan pembongkaran bangunan yang sudah berlangsung sejak sekitar pukul 10.00 WIB.

Zandi Ferryansa Direktur Teknik dan Usaha PD Pasar Surya ditemui di lokasi mengatakan, targetnya 18 bangunan dari total 29 bangunan pedagang ilegal akan dibongkar hari ini.

“Sekarang baru sekitar lima sampai tujuh bangunan yang sudah dibongkar,” ujarnya di tengah-tengah pembongkaran bangunan ini,” katanya.

Menurutnya, bangunan-bangunan ini dibangun secara ilegal oleh para pedagang, di atas tanah aset PD Pasar Surya.

“Lahannya aset PD Pasar Surya, tapi bangunan ini berdiri tanpa izin PD Pasar Surya. Mungkin sudah sejak 2003 lalu. Bahkan ada yang sudah berdiri dari tahun 90-an,” katanya.

Akibat aktivitas pembongkaran ini, terjadi kepadatan lalu lintas di sekitar Jalan Raya Wonokromo. Para pengendara, seperti biasa, melambatkan laju untuk menyaksikan aktivitas pembongkaran ini.

Bahkan, sebagian dari pengendara sepeda motor menyempatkan untuk berhenti, demi mengabadikan momen ini dengan kamera ponselnya.

Tomi Ardiyanto Camat Wonokromo mengatakan, pembongkaran ini telah dikoordinasikan dengan pihak jajaran samping.

“Kami sudah koordinasi dengan Polrestabes Surabaya untuk pengamanan ini. Kalau dilakukan malam hari, akan muncul kerawanan-kerawanan,” ujarnya.

Kerawanan yang dia maksud, di sebagian bangunan pedagang itu masih terdapat barang-barang milik pedagang.

Karena pada malam hari cenderung gelap, pihaknya mengantisipasi terjadinya barang hilang dan aksiden lain yang menimbulkan persinggungan dengan pedagang.

Sejak pukul 12.00 WIB, aktivitas pembongkaran sempat terhenti sementara. Para petugas Satpol PP dan dinas terkait lainnya masih beristirahat. Penghentian kegiatan ini juga untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di jalan raya.

Informasi yang didapat di lapangan, aktifitas ini akan dilanjutkan lagi hingga setidaknya tuntas 18 bangunan terbongkar, hari ini juga.

Namun, bila tidak cukup waktu, pembongkaran 29 bangunan ilegal untuk kepentingan frontage road barat ini akan dilanjutkan besok, Selasa (7/3/2017).(den/bid)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs