Senin, 29 April 2024

342 Siswa Baru Ikuti LOS di SMPN 1 Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siswa baru di SMPN 1 Surabaya disambut kakak kelasnya yang juga pengurus OSIS. Foto: Dok./Iping suarasurabaya.net

Diawali dengan upacara bendera di halaman sekolah, sebanyak 342 siswa baru, Senin (17/7/2017) mengikuti kegiatan Layanan Orientasi Siswa (LOS) di SMPN 1 Surabaya.

Masih mengenakan seragam Sekolah Dasar, para siswa baru atau siswa kelas VII tersebut mengenakan tanda identitas yang masing-masing wajib dipakai selama mengikuti kegiatan LOS.

“Tadi kami awali dengan upacara. Selanjutnya siswa baru akan masuk kelas dan mengikuti kegiatan-kegiatan sesuai dengan rancangan kegiatan LOS yang menitikberatkan pada pengenalan lingkungan sekolah,” kata Titik Sudarti Kepala SMPN 1 Surabaya.

Pengenalan lingkungan sekolah, kata Titik mulai dari sarana dan prasarana sekolah di SMPN 1 Surabaya, sampai dengan memperkenalkan siswa baru kepada guru dan pengajar di lingkungan sekolah.

Kegiatan LOS digelar mulai Senin (17/7/2017) hingga Rabu (19/7/2017) pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB.

Ditegaskan Titik bahwa selama kegiatan LOS tidak boleh ada kekerasan dalam bentuk apapun. “Tidak boleh ada kekerasan dalam bentuk apapun,” tegas Titik.

Diharapkan dari kegiatan yang digelar selama 3 hari tersebut, siswa baru akan merasa nyaman dan siap untuk mengikuti kegiatan belajar di sekolah baru mereka.

Sementara itu, kegiatan LOS juga digelar di SMPN 22 Surabaya, dan diikuti sebanyak 418 siswa baru yang Senin (17/7/2017) ini dimulai dan wajib diikuti seluruh siswa baru.

“Seluruh siswa baru pagi ini mengikuti kegiatan layanan orientasi sekolah. Siswa baru akan diperkenalkan dengan lingkungan barunya di sekolah. Termasuk berkenalan dengan para guru,” kata Sisminarto Kepala SMPN 22 Surabaya.

Sisminarto juga menegaskan bahwa selama berlangsungnya LOS tidak boleh ada kekerasan dalam pelaksanaannya. “Dalam bentuk apapun. Lisan maupun fisik tidak boleh ada kekerasan,” tegas Sisminarto.(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs