Selasa, 23 April 2024

6 Siswa Inklusi Ikuti UNBK 2017

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Daftar presensi peserta UNBK 2017 di SMAN 10 Surabaya. 6 diantara 364 siswa adalah penyandang tuna atau inklusi. Foto: totok suarasurabaya.net

Sebanyak 6 siswa inklusi mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2017 di SMAN 10 Surabaya. Didampingi petugas khusus diharapkan pelaksanaan ujian tidak terkendala.

“Ada 6 siswa yang tergolong berkebutuhan khusus atau inklusi. Mereka memang siswa SMAN 10 Surabaya dan kelas 12 atau kelas 3 dan wajib mengikuti ujian nasional hari ini sampai 4 hari kedepan,” kata Mohammad Sohibul Anwar Wakil Kepala SMAN 10 Surabaya bidang kurikulum, Senin (10/4/2017).

Ke 6 siswa berkebutuhan khusus tersebut masing-masing adalah penyandang tuna netra, low vision dan autis. Dikegiatan belajar sehari-hari mereka memang tidak selalu didampingi petugas atau guru khusus.

“Tetapi saat ujian nasional seperti sekarang ini, mereka perlu mendapatkan pendamping petugas khusus yang memberikan bantuan kepada siswa dalam pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer kali ini,” kata Sohibul.

Pendampingan yang dilakukan, lanjut Sohibul adalah memberikan bantuan untuk pembacaan atau pengerjaan soal ujian. “Tentunya pendampingan sebatas pembacaan soal ujian saja, tidak lebih,” tambah Sohibul.

Lydia Diah Sari satu diantara siswa low vision SMAN 10 Surabaya yang hari ini mengikuti ujian nasional, meskipun sebelumnya sudah menyiapkan diri menghadapi ujian tetap harus didampingi petugas.

“Petugas khusus akan mendampingi selama pelaksanaan ujian. Lydia sendiri mengaku sudah siap mengikuti ujian. Tapi sebagai siswa inklusi wajib mendapat pendampingan,” pungkas Sohibul.

Sementara itu, kepada suarasurabaya.net, Lydia mengaku sudah belajar dan mempersiapkan diri mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun ini, dan berharap bisa mengerjakan seluruh soal ujian.

“Sudah siap. Belajar dan mempersiapkan diri. Belajar juga ikut try out. Tapi memang saat ujian dibutuhkan petugas yang membantu membacakan soal-soal ujian. Kalau mengerjakan sendiri bakalan habis jam ujiannya,” kata Sohibul.

Senin (10/4/2017) ujian nasional di SMAN 10 Surabaya mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ujian dijadwalkan digelar 4 hari dan berakhir pada Kamis (13/4/2017) mendatang. Sedangkan mata pelajaran yang diujikan selain Bahasa Indonesia adalah Matematika, Bahasa Inggris dan mata pelajaran peminatan. (tok/bid/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
28o
Kurs