Sabtu, 18 Mei 2024

Atlet Wanala Unair Berjuang Gapai Puncak Denali

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tiga atlet Wanala Unair (dari kiri) Yasak, Roby, Faisal di Ranger Station, Alaska. Foto: Humas Unair

Tim Airlangga Indonesia Denali Expedition(AIDeX) Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Airlangga akan mencapai puncak Gunung Denali, Alaska, Amerika Serikat.

Tiga atlet yang mendaki gunung tersebut adalah Muhammad Faishal Tamimi (mahasiswa Fakultas Vokasi/2011), Mochammad Roby Yahya (mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan/2011, dan Yasak (alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Wahyu Nur Wahid manajer atlet mengatakan, berdasarkan satelit global positioning system (GPS) yang dikirimkan oleh ketiganya, pada Senin (5/6/2017) ketiganya telah mencapai kamp empat yang berada di ketinggian 14.100 kaki atau setara 4.297 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Menurut Roby, salah seorang atlet, memasuki hari kesepuluh pendakian, para pendaki tengah dihadapkan pada kondisi cuaca snow showers. Snow showers adalah kondisi anomali di waktu mana hujan, cerah, dan hujan salju datang silih berganti. Selain snow showers,para atlet juga menghadapi kondisi cuaca whiteout.

“Kondisi whiteout oleh salju cukup mereduksi jarak pandang kami. Kondisi whiteout bisa mengakibatkan garis horizon mengabur dan menyebabkan disorientasi arah,” kata Wahyu menirukan Roby.

Selain soal cuaca, para atlet juga tengah bertahan di suhu yang mencapai minus tiga puluh derajat Celcius. Dalam kondisi demikian, atlet berada dalam kondisi kelelahan. Namun, keadaan rombongan cukup aman dan siap melanjutkan perjuangan menuju puncak Mc. Kinley atau 6.190 mdpl.

Untuk menuju puncak Mc. Kinley, para atlet perlu melewati satu kamp lagi yakni kamp kelima. Jika tak ada aral melintang, Wahyu menuturkan para atlet akan mencapai puncak pada Jumat (9/6/2017) mendatang.

“Pencapaian puncak Denali diperkirakan besok Jumat tanggal 9 Juni. Waktu pendakian tersebut berjalan lebih awal dari jadwal yang sebelumnya ditetapkan,” ujarnya.

Kelancaran tim atlet dalam melalui rintangan di Denali tak lepas dari berbagai persiapan yang telah dilakukan selama berada di Indonesia. Selama 16 bulan, persiapan tim AIDeX banyak dibantu oleh PT. PP Properti (Tbk) dan PT. Pegadaian Persero.

Denali bukanlah puncak pertama yang didaki oleh anggota UKM Wanala. Empat dari tujuh puncak tertinggi yang telah digapaitim adalah Puncak Carztenz Pyramid(Indonesia/1994), Kilimanjaro (Tanzania/2009), Elbrus (Rusia/2011), dan Aconcagua (Argentina/2013).

Selain ke Denali, ekspedisi ke Vinson Massif di Antartika serta Everest di Himalaya akan menggenapi ekspedisi seven summits anggota UKM Wanala. (iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs