Senin, 29 April 2024

Belasan Uskup Bertemu Mendikbud Bahas Pendidikan Karakter

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Belasan uskup siang ini akan bertemu dengan Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk membicarakan pendidikan karakter. Pertemuan akan dilakukan di sekretariat Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) di kawasan Menteng, Jakarta.

“Pertemuan ini lebih pada bertukar ide. Kami di gereja Katolik sudah tahun 1920an jauh sebelum kemerdekaan sudah bergerak dalam bidang pendidikan,” kata Mgr Ignatius Suharyo, Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) sekaligus Uskup Keuskupan Agung Jakarta ketika berbincang dengan reporter Jose Asmanu, Jumat (25/8/2017).

Menurut Suharyo, beberapa uskup akan memberikan masukkan kepada Menteri Pendidikan akan pentingnya pendidikan karakter.

“Pendidikan karakter minimal harus dibangun dengan tiga landasan yakni bagaimana manusia berproses. Ada manusia yang tanpa disuruh sudah bisa melakukan, namun banyak juga yang menunggu disuruh,” kata Suharyo.

Untuk membangun karakter, langkah selanjutnya adalah humanisasi yakni bagaimana manusia dididik memiliki watak sebagai manusia, bukan yang lain. Sementara langkah ketiga adalah bagaimana manusia bisa menjadi citra dari Tuhan yang membawa kedamaian.

Sementara itu, pertemuan kali ini diinisiasi oleh Mendikbud. Rencannya pertemuan digelar hari Selasa kemarin, namun diundur pada hari ini. (fik/rst)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs