Minggu, 14 April 2024

Bertemu Dubes Inggris, Risma Kepincut Bus dari London

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Walikota Surabaya dan Moazzam Malik Dubes Inggris di ruang kerja Walikota. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Pertemuan Tri Rismaharini Walikota Surabaya dengan Moazzam Malik Duta Besar Inggris di Surabaya membahas beberapa poin rencana kerjasama sister city Surabaya dan Liverpool. Salah satu diantaranya kerjasama pengadaan transportasi bus.

Moazzam Malik Dubes Inggris mengatakan, kerjasama di bidang transportasi dan perencanaan tata ruang kota untuk masa depan akan dimantapkan. Untuk transportasi, ada salah satu perusahaan di Inggris yang sudah berbisnis di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, dan Hongkong yang rencananya menawarkan kerjasama untuk Indonesia.

“Kami mengkomunikasikan ke Bu Risma, apa ada kesempatan perusahaan bus itu kerjasama dengan mitra lokal untuk kebutuhan Pemkot Surabaya. Ini akan didiskusikan lagi. Kami siap mendukung Surabaya untuk meningkatkan kapabilitas transportasinya,” ujarnya usai pertemuan.

Sementara itu, Tri Rismaharini Walikota Surabaya telah melihat sendiri kualitas desain bus yang juga banyak digunakan di London ini. Menurutnya, dia tertarik memesan untuk kebutuhan Trunk (Angkutan pengumpan berkapasitas besar) dan Feeder (Angkutan pengumpan berkapasitas kecil).

Risma tertarik karena bus yang ada di London itu cara manuvernya bagus saat masuk jalan-jalan yang tidak begitu besar karena desainnya agak rendah.

“Jalan di London itu jalannya kecil-kecil seperti di Surabaya ini, tapi bus itu manuvernya bagus sekali. Kalau di sini banyak berem-berem itu dimakan kendaraan, tapi di sana tidak,” katanya.

Risma tertarik jika pengadaan bus itu segera terealisasi. Dia sempat menunggu di Bulan Agustus ini, tapi setelah dilihat di e-katalog tidak tersedia. Kemungkinan akan dimasukkan di tahun depan 2018.

“Saya tertarik untuk manuver kendaraannya. Kemarin saya tunggu di Agustus tapi tidak ada di e-katalog. Saya berharap bisa dimasukkan tahun depan,” katanya.

Selain kerjasama di bidang transportasi, Surabaya dan Liverpool akan mewujudkan kerjasama di bidang pendidikan, pariwisata dan sepak bola. Kemungkinan pada bulan November MoU bisa ditandatangani.

“Walikota Liverpool akan berkunjung ke Asia bulan November. Kalau memungkinkan saya undang ke Surabaya untuk tanda tangan MOU,” katanya. (bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 14 April 2024
28o
Kurs