Selasa, 21 Mei 2024

Dibanding Tahun Lalu, Lebaran 2017 Pengunjung KBS Naik 40 Ribu Orang

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aktivitas feeding time yang digemari pengunjung KBS saat Lebaran 2017. Foto: Humas KBS

Pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) saat momen libur Lebaran mencapai 140 ribu orang. Jumlah ini mengalami peningkatan 40 ribu jika dibandingkan dengan tahun lalu yang berjumlah 100 ribu pengunjung.

Laily Widya Arishandi Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, mengatakan jumlah pengunjung yang mencapai 140.407 orang dihitung selama delapan hari, dimulai pada awal event Lebaran yaitu pada 25 Juni sampai 2 Juli 2017.

“Puncak dari kepadatan pengunjung terjadi pada H+7 dengan total wisatawan pengunjung yang datang mencapai 26.843 orang. Hal ini dikarenakan cuti bersama selama Lebaran telah berakhir,” ujar Laily Widya Arisandhi.

Lebaran lalu, tambah Laily jumlah pengunjung bisa naik dua hingga enam kali lipat dibandingkan hari biasa. Pada hari biasa jumlah pengunjung KBS sekitar 2.500 hingga 3.500 orang per harinya, sedangkan di momen Lebaran bisa mencapai 26 ribu wisatawan.

“Peningkatan ini sudah diantisipasi dengan penambahan fasilitas, seperti perbaikan jalan, imbauan bagi para pengunjung, renovasi kandang, dan petunjuk arah. Kemudian kami juga menambah wahana hiburan dan beberapa inovasi lainnya,” tambah Laily.

PDTS KBS, kata Laily menyiapkan beberapa hiburan saat momen Lebaran, mulai dari feeding time, dan keeper talk atau edukasi untuk penonton yang dilakukan langsung para keeper satwa.

“Ada juga close up with animals, yaitu pengunjung bisa memberikan makan yang sudah disediakan kami dan menyentuh satwa secara langsung dengan didampingi oleh para keeper kami,” ujar Laily.

Sementara itu, Animal Edutainment dan Kids Zoo memberikan kesempatan kepada para pengunjung melihat bagaimana sifat asli dan habitat satwa. “Tentunya kami juga pertimbangkan aspek etic animal walfare kepada pengunjung,” kata Laily.

Di Kids Zoo manajemen PDTS KBS menempatkan satwa-satwa jinak yang biasa disenangi anak-anak. Ada Kelinci, Kucing, Ikan Emas, Iguana.

Untuk keamanan pengunjung selama Lebaran 2017 di KBS, manajemen telah berkoordinasi dengan sejumlah institusi terkait, ada Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Linmas. “Selain itu kami juga sudah berkoordinasi dengan Untuk keamanan selama Lebaran koordinasi sudha kami lakukan dengan Polsek Wonokromo, Polrestabes Surabaya, dan Dinas Kesehatan,” kata Laily.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
25o
Kurs