Sabtu, 27 April 2024

Dua Kali Longsor Susulan, Tim SAR dan Warga Berhamburan

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Proses pencarian korban longsor oleh tim SAR dengan menggunakan alat berat ekskavator. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Tim SAR gabungan yang ada di sektor B, C, dan titik empat sektor A serta petugas operator alat berat ekskavator berhamburan lari menyelamatkan diri lantaran di sektor A sempat terjadi longsor susulan sebanyak dua kali, Rabu (5/4/2017).

Longsor susulan pertama terjadi di sektor A dimana titik tersebut merupakan titik awal terjadinya longsor pada Sabtu (1/4/2017) pagi.

Longsor susulan pertama tersebut diketahui pertama kali oleh petugas sektor saat dia sedang melakukan pemantauan proses pencarian korban longsor di Dusun Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo.

Saat itu juga, komandan sektor langsung menginformasikan terkait longsor susulan melalui radio komunikasi HT dan menginstruksikan semua tim SAR gabungan yang sedang melakukan pencarian di sektor B dan C untuk menyelamatkan diri.

Usai longsor susulan terjadi, tim SAR gabungan yang ada di titik empat sektor A langsung melakukan penyemprotan pada tebing bekas longsoran. Tidak berselang lama, longsor susulan kedua kembali terjadi kembali. Tim SAR yang saat itu sedang melakukan penyemprotan langsung lari berhamburan.

Sementara, tim SAR gabungan yang ada di sektor B dan C menghentikan proses pencarian korban untuk sementara waktu menunggu sampai kondisi di sekitar lokasi longsor susulan sudah benar-benar aman.

Sedangkan tim SAR gabungan di sektor A hingga saat ini masih terus melakukan pencarian korban yang tertimbun longsor dengan menggunakan alat berat ekskavator. (bry/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs