Sabtu, 20 April 2024

Hari Habitat, Puluhan Pelajar Lepas Ikan Sapu-Sapu ke Kalimas

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pelajar SMA Al-Muslim Sidoarjo melepas ikan sapu-sapu ke Kalimas dalam rangka hari habitat sedunia, Kamis (5/101/2017)

Kamis (5/10/2017) siang, beberapa orang anak menggunakan seragam sekolah SMA tampak berkumpul di Taman Ekspresi, Surabaya. Mereka ternyata bukan pelajar Surabaya yang sedang melakukan kegiatan belajar di luar sekolah, melainkan dari Sidoarjo.

Mereka adalah Pelajar SMA Al-Muslim Sidoarjo yang sedang memperingati Hari Habitat Sedunia di Taman Prestasi Surabaya dengan menggelar aksi lingkungan.

Bukan tanpa persiapan, mereka bahkan memiliki tema “Smart Environment upaya menciptakan kali bersih”.

M Rozy, salah satu siswa kelas X IPA SMA Al-Muslim tampak menebarkan ikan sapu-sapu bersama teman-temannya. Dia mengaku senang, karena hal itu akan menjadi pengalaman berharga dalam mengkampanyekan kebersihan lingkungan.

“Senang, bisa kumpul sama teman-teman dan kampanye lingkungan. Ya, ini pengalaman yang tidak bisa ditukar dengan uang,” ujarnya.

Dia bersama teman-temannya mengajak masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah ke kali atau sungai, terutama bila sampah itu berupa bahan-bahan yang susah diurai.

Azam Afian Dinata Humas Al-Muslim mengatakan, salah satu yang menjadi perhatian dan alasan para siswa Al-Muslim menggelar kegiatan itu karena masih banyaknya warga yang tidak sadar menjaga kalinya.

“Sampah dari bahan yang sulit terurai seperti pampers, stereofoam, sampah plastik dan lainnya juga masih sering ditemukan di kali atau Sungai kan? Padahal, dari sungai itulah kita bisa menggunakan air bersih untuk aktivitas sehari-hari, kalau kalinya kotor dan penuh sampah, terus gimana?” Ujarnya.

Pelepasan ikan sapu-sapu, kata Azam, juga bertujuan untuk membantu menciptakan kali yang bersih dan mengembalikan eksosistem Kalimas Surabaya.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs