Sabtu, 27 April 2024

Indonesia di Peringkat 16 Keberlanjutan Pangan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Joko Widodo Presiden memanen jagung saat menghadiri panen raya di Desa Kampasi Meci, Manggelewa, Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (11/4/2015). Foto: Antara

Amran Sulaiman, Menteri Pertanian, mengutip The Economi Intelligent yang menyatakan, Indonesia ada di posisi 16 dunia dalam hal keberlanjutan pertanian pangan.

“Negara lain yang menilai Indonesia, dan menariknya Amerika dan Tiongkok berada peringkat di bawah Indonesia. Posisi peringkat ini pertama kali kita rebut,” kata dia, saat kunjungan kerja di Gorontalo, Senin (30/10/2017).

Ia menambahkan, saat pertemuan menteri pertanian se-Asia di Thailand, Indonesia diberikan kesempatan menjadi pembicara pertama, dan mereka ingin belajar dari Indonesia. Thailand dikenal dunia sebagai salah satu pusat unggulan pertanian dunia.

Indonesia menyatakan sudah swasembada pangan kembali dan TNI menyumbang peran penting berkat kesediaan mereka mengawal program pemerintah ini. Semua satuan kewilayahan TNI AD dikerahkan untuk kepentingan ini.

“Khusus komoditas jagung, ada tiga menteri negara yang ingin datang ke Indonesia dalam waktu dekat ini,” kata Sulaiman seperti dilansir Antara.

Sementara untuk Provinsi Gorontalo, sejak masa Fadel Muhammad memimpin, sudah dicanangkan menjadi lumbung jagung nasional.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs