Kamis, 16 Mei 2024

Keindahan Tabebuya di Jalanan Kota Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Bunga Tabebuya bermekaran di sepanjang Jalan Ahmad Yani Surabaya. Foto: Bruriy suarasurabaya.net.

Para pengendara yang melintas di jalan-jalan utama Kota Surabaya di bulan September hingga November bisa memanjakan mata menikmati indahnya bunga Tabebuya yang bermekaran.

Bunga yang mirip dengan bunga Sakura ini bisa ditemui di hampir semua kawasan di jalan Kota Surabaya. Mulai di Jalan Ahmad Yani, Jalan Raya Wonokromo, Jalan Diponegoro, Jalan Darmo hingga ke tengah kota di Jalan Pemuda. Bahkan yang ke arah barat juga mulai bermekaran, misalnya di Jalan Ciliwung hingga Adityawarman.

Aditya Wasita Sekretaris Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya mengatakan, bunga Tabebuia merupakan bunga asal Brazil yang sudah diadaptasikan sesuai iklim di Indonesia. Sejak tahun 2010, Pemkot Surabaya telah menanam pohon ini dengan aneka jenis warna bunga. Pemkot membelinya bibitnya dari Malang.

“Gencar penanamannya di tahun 2010. Beli bibitnya dari Malang. Musim berbunganya hingga sampai gugur antara September sampai November. Jenis warna bunganya juga banyak ada warna ungu, putih, pink, merah dan kuning,” ujarnya Sabtu (14/10/2017).

Menurut Aditya, tujuan penaman pohon bunga Tabebuya ini adalah untuk tanaman pelindung, untuk menyerap polusi, dan keindahan kota karena bisa berbunga mirip bunga Sakura. Perawatan tanaman ini juga tidak sulit, cukup disiram dan dipupuk seperti tanaman lainnya.

“Selain bisa berbunga indah, pohon Tabebuya juga kuat dan akarnya tidak merusak pedestrian,” katanya. (bid/fik)

Teks Foto:
Bunga Tabebuya berwarna pink muda bermekaran di Surabaya. Foto: Bruriy suarasurabaya.net.

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
28o
Kurs