Jumat, 17 Mei 2024

Ketika Megawati dan Risma Jalan-Jalan di Kebun Bibit Wonorejo

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya saat berjalan-jalan di Kebun Bibit Wonorejo, Surabaya, Senin (11/9/2017), bersama rombongan undangan dan wartawan. Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan berikan ikan sapu-sapu untuk ditempatkan di sungai yang ada di Kebun Bibit Wonorejo.

Selain ikan, Mega juga memberikan pohon gayam dan pohon baobab untuk taman yang dibangun atas pikiran bersama Megawati dan Risma beberapa waktu silam.

“Sungai ini warnanya hijau, jadi masih banyak lumutnya. Menurut saya perlu ikan sapu-sapu,” kata Megawati di sela kunjungannya bersama Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya dan rombongan undangan, Senin (11/9/2017).

Mega sempat menceritakan bagaimana Risma bertanya soal ikan sapu-sapu yang menurut Mega sangat cocok ditempatkan di sungai berlumut. “Ikan sapu-sapu itu seperti apa, Bu? Trus saya jawab, saya juga tidak bisa menjelaskan, nanti saya kirim saja,” kata Megawati kepada wartawan.

Megawati juga sempat menjelaskan mengenai pohon baobab. Katanya, pohon baobab berasal dari Afrika yang kemungkinan dibawa Pemerintah Belanda ke Indonesia. “Saya dulu pertama kali melihat di daerah Subang,” ujarnya.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengaku senang mendapatkan pemberian berupa ikan sapu-sapu, juga pohon gayam dan baobab. Pemberian itu menambah koleksi pepohonan di Kota Pahlawan.

Megawati dan Risma tampak sangat cocok dalam hal pemikiran mengenai tanam-tanaman. Megawati yang merupakan Pembina Yayasan Kebun Raya Indonesia, dan Risma yang begitu giat membuat taman.

Pada kesempatan berjalan-jalan di Kebun Bibit Wonorejo itu, Risma berterima kasih kepada Megawati karena telah berbagi ilmu tentang tanaman dan taman.

“Ibu juga yang menyarankan menam pohon Cemara Udang. Banyak manfaatnya. Salah satunya mencegah bencana alam. Kadar oksigennya juga sangat tinggi, jadi tidak salah pohon kalau ditanam di tengah kota,” kata Risma.

Tidak hanya Megawati dan Risma, turut berjalan-jalan di Kebun Bibit itu, seperti Abdullah Azwar Anas Bupati Banyuwangi, Kanang Bupati Ngawi, juga Hasto Kristianto Sekjen PDI Perjuangan, Kusnadi Ketua DPD PDI Perjuangan serta beberapa tokoh lainnya.

Abdullah Azwar Anas sebelumnya sempat menyampaikan, dia akan mengirimkan pohon durian merah dari Banyuwangi agar ditanam di taman yang ada di Surabaya, sehingga orang Banyuwangi di Surabaya kalau kangen durian merah cukup ke taman yang ada di Surabaya.(den/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
30o
Kurs