Jumat, 3 Mei 2024

Pemkot akan Menambah Lajur Sepeda Sebagai Tindak Lanjut Gowes ke Kantor

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya bersama rombongan pejabat Pemkot Surabaya menyebrang jalan saat bersepeda menuju Balai Kota Surabaya. Foto: Denza suarasurabaya.net

Pemkot Surabaya akan menambah lajur sepeda di Surabaya. Ini sebagai tindak lanjut kegiatan gowes ke kantor yang dicanangkan oleh Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mulai Jumat (29/9/2017).

Anak Agung Gde Dwi Djajawardana Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengatakan, satu diantara program Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Pemkot Surabaya adalah transportasi massal berkelanjutan.

Di dalamnya juga termuat penyelenggaraan transportasi ramah lingkungan. Program Gowes ke kantor atau bike to work ini, kata Dwija adalah kampanye transportasi ramah lingkungan itu.

“Kita akan menggalakkan dan mengkampanyekan pada masyarakat untuk menggunakan transportasi berkelanjutan. Untuk jalur sepeda nanti akan kita tambah dan kita tingkatkan terus. Untuk lokasi atau jalur yang bisa dimanfaatkan masyarakat terkait penggunaan sepeda,” kata Dwija.

Saat ini, lajur sepeda ini baru diterapkan di jalan-jalan utama di Surabaya atau jalan Protokol. Seperti di Jalan Raya Darmo, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Tunjungan, Jalan Gubernur Suryo dan sekitar kawasan balai kota Surabaya.

Tahun lalu, penambahan sudah dilakukan di Jalan Sulawesi dan Sumatera.

Nantinya, kata Dwija, lajur sepeda akan ditambah di jalan-jalan lain di Surabaya seiring kebutuhan dan kebiasaan masyarakat Surabaya untuk bersepeda. (den/dwi)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs