Sabtu, 20 April 2024

Perekaman KTP Elektronik Tuntas Sebelum Januari 2018

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi. Petugas Dispendukcapil Surabaya sedang melakukan perekaman KTP elektronik untuk pelajar SMA yang berusia 17 tahun. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Pemerintah optimis perekaman KTP elektronik (KTP-el) akan tuntas sebelum Januari 2018. Untuk mewujudkan langkah ini, pusat juga mendorong daerah segera mengambil inisiatif untuk mempercepat proses perekaman.

“Saat ini tinggal sedikit ada masalah teknis. Juga masih ada sekitar 1 juta yang ber-KTP ganda. Ini yang harus segera diselesaikan. Paling tidak Januari 2018 semua sudah selesai,” kata Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri, usai memimpin upacara peringatan Hari Jadi ke-72 Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kamis (12/10/2017).

Menurut Tjahjo, KTP ganda rata-rata berasal dari warga yang pindah domisili dan meninggal tapi tidak segera melapor ke catatan sipil. Karenanya, Tjahjo berharap masyarakat ikut pro aktif dalam melaporkan KTPnya. “Kami mohon masyarakat pro aktif,” kata dia.

Tjahjo berharap, perekaman bisa selesai sebelum 2018 sehingga pemilu serentak pada 2019 baik itu pilpres maupun pileg bisa mendapatkan data pemilih yang utuh dari KTP elektronik.

“Untuk blangko kami siap sedia, target tuntas awal Januari 2018 tuntas. Kalau ada yang belum tuntas ya tinggal sedikit. Saya berharap daerah bisa meniru seperti Surabaya yang mendatangi rumah ke rumah untuk menyelesaikan KTP elektronik,” kata dia. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs