Kamis, 26 Mei 2022

Peserta Hari Santri mulai Berdatangan di GOR Sidoarjo

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Para peserta puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) mulai berdatangan di Stadion GOR Delta Sidoarjo pada Minggu (22/10/2017) pagi. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Para peserta puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) mulai berdatangan di Stadion GOR Delta Sidoarjo pada Minggu (22/10/2017) pagi.

Para santri dari berbagai tempat di Sidoarjo dan sekitarnya berdatangan menggunakan berbagai kendaraan. Ada yang diantar angkot dan banyak juga yang diantar truk. Seperti Para santri dari Ponpes Mambaul Hikam Putat, Tanggulangin tadi telah diantar 12 truk dan parkir di kawasan Taman Pinang kemudian longmarc ke lokasi dengan menyanyikan lagu religi.

Di GOR Delta Sidoarjo sendiri saat ini tengah dilakukan apel upacara hari santri. Sebab, acara puncak baru dimulai pukul 14.00 WIB nanti. Para peserta nantinya yang akan menuju GOR Sidoarjo dipusatkan di beberapa titik sekaligus tempat pemberhentian parkir kendaraan.

“Jarak dua kilo meter sekitar GOR akan ditutup total dan ada tiga titik kumpul bagi seluruh peserta yang akan menuju GOR Sidoarjo di antaranya Masjid Jati Sidoarjo, Masjid Agung Sidoarjo dan Masjid Sumokali Candi, Sidoarjo,” ujarnya.

Seperti diketahui, agenda HSN di Sidoarjo ini nanti akan diisi dengan mengaji kitab kuning Nashaihul Ibad karangan Syekh Imam Nawawi Banten yang merupakan kakek dari KH Makruf Amin Rais Aam PB NU sekaligus Ketua MUI Pusat.

Membaca kitab kuning secara massal oleh ribuan santri yang akan memecahkan rekor muri ini akan dipimpin KH Makruf Amin beserta 9 Kyai Khos dari NU. Kemudian sekitar pukul 15.30 WIB akan diisi sumpah santri dan ditutup dengan doa 9 Kyai khos. Acara inti ini nanti dijadwalkan akan dibuka oleh Joko Widodo Presiden RI.

Untuk lalu lintas saat menjelang acara nanti, pengalihan arus akan dilakukan. Pengendara yang dari arah Jalan Suko yang ingin ke Surabaya dialihkan menuju ke arah Sukodono yang bisa tembus Kletek. Acara ini akan dikawal 700 personel, dari TNI, Dishub, dan Satpol PP Kabupaten Sidoarjo. (bid/dwi)

Surabaya
Kamis, 26 Mei 2022
26o
Kurs