Rabu, 15 Mei 2024

Polri Siagakan 10 Ribu Personel untuk Mengamankan Kunjungan Raja Saudi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Komjen Syafruddin Wakapolri (kedua dari kanan), memberikan keterangan soal persiapan pengamanan kunjungan Raja Saudi ke Indonesia, Senin (27/2/2017), di Mabes Polri, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Kepolisian Republik Indonesia turut bertanggung jawab atas keamanan rombongan Raja Arab Saudi, yang akan berkunjung ke Indonesia, tanggal 1 sampai 9 Maret mendatang.

Sehubungan dengan pengamanan, Polri menyiapkan sekitar 10 ribu personel, yang akan ditempatkan di tiga lokasi, Jakarta, Bogor dan Bali.

Walaupun sifatnya cuma membantu pengamanan, karena komando dipegang Pasukan Pengamanan Presiden, Polri bakal menjalankan tugas sebaik-baiknya.

Hal itu disampaikan Komisaris Jenderal Syafruddin Wakapolri, sesudah bertemu Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi Dubes Arab Saudi untuk Indonesia.

“Khusus di Jakarta kami libatkan sekitar 2000 anggota dari berbagai unsur dengan sistem terbuka maupun tertutup. Di Bogor sekitar 2252 pasukan TNI dan Polri, sedangkan di Bali sekitar 5000 personel karena Raja Salman dan rombongan cukup lama singgah di sana,” ujar Wakapolri, Senin (27/2/2017), di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Sekadar diketahui, Salman bin Abdul Aziz al Saud Raja Arab Saudi, akan singgah di Indonesia selama sembilan hari.

Rencananya, dalam kunjungan itu, Raja Salman mengajak sekitar 1.500 anggota delegasi, termasuk 10 menteri dan 25 orang pangeran.

Berdasarkan jadwal, agenda kenegaraan akan berlangsung dari tanggal 1 sampai 4 Maret, termasuk berkunjung ke Istana Bogor, Masjid Istiqlal dan Gedung DPR/MPR Jakarta.

Sesudah itu, rombongan Kerajaan Saudi akan berlibur di Pulau Bali, sampai tanggal 9 Maret 2017. (rid/iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
32o
Kurs