Jumat, 29 Maret 2024

Relawan LMI Berangkat ke Rakhine dan Bangladesh

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Di Ruang Shofa Masjid Al Akbar Surabaya, Drs H Saifullah Yusuf selaku Wakil Gubernur Jatim melepas dua relawan Laznas LMI secara simbolis. Foto: LMI

Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Jawa Timur mendapat kepercayaan dari Retno Marsudi Menteri Luar Negeri bergabung dalam aliansi kemanusiaan Indonesia. Nantinya akan menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Rakhine, Myanmar.

Citra Widuri Direktur Pelaksana Laznas Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Jawa Timur mengatakan, peran Indonesia dalam misi kemanusiaan Myanmar ini untuk dalam banyak hal. Peran diplomatik yang dilakukan Kemenlu dan peran sosial langsung terjun ke lokasi.

Dalam penyaluran bantuan ini, kata dia, LMI fokus di dua lokasi yakni Rakhine dan Bangladesh.

Selain itu, lanjut Citra, Kamis (21/9/2017) pagi ini ada simbolisasi penyerahan bantuan dari Pemprov Jatim dan Masjid Al Akbar Surabaya.

“Mereka menitipkan pada delegasi LMI yang akan berangkat ke Myanmar,” kata Citra pada Radio Suara Surabaya.

Dalam sambutannya, Saifullah Yusuf Gubernur Jawa Timur berpesan saat menyalurkan bantuan pada sudah lembaga harus meneliti dulu lembaganya termasuk transparansi keuangan bantuan.

LMI mempunyai banyak relawan yang punya skill-skill khusus sesuai standar PBB. Dalam minggu ini ada dua orang dari LMI yang akan berangkat ke Rakhine dan Bangladesh.

“Misalnya menyalurkan bantuan kepada yang berhak dan sekaligus memetakan masalah sehingga bisa memberikan masukan pada pemerintah,” ujarnya.

Laznas LMI berencana mengirimkan dua tim. Tim pertama, direncanakan berangkat antara tanggal 22 September hingga 4 Oktober 2017. Sedangkan pemberangkatan tim kedua ke Rakhine State, masih menunggu proses diplomasi yang dilakukan oleh Kemenlu RI dengan pemerintah Myanmar.

Bantuan tahap pertama yang akan disalurkan ke Bangladesh senilai Rp 200.000.000. Bantuan tersebut akan disalurkan berupa kebutuhan pokok pengungsi Rohingya di Bangladesh, meliputi obat-obatan, bahan makanan, dan pakaian.
(dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs