Minggu, 18 April 2021

Satukan Foto dan Puisi, Rayakan Kebebasan Berekspresi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
ilustrasi

Menampilkan sekurangnya 50 karya foto dan puisi yang dikolaborasikan sedemikian rupa oleh para penyuka fotografi dan penulis, sebuah pameran foto dan puisi dalam tajuk: Satu, akan dimulai besok, Kamis (10/8/2017). Melalui pameran ini, para penampil mencoba merayakan kebebasan berekspresi.

Karya foto dan puisi itu dikolase dan dipadukan sedemikian rupa menjadi karya-karya instalasi baru yang memberikan pesan dan kesan tentang berbagai hal. Perasaan gundah, kegembiraan dan keindahan menjadi obyek-obyek yang ditampilkan pada kolaborasi ini.

“Ini adalah sebuah ikhtiar menjaga kewarasan kami dalam berekspresi. Dengan latar belakang kami semua yang beragam, tidak sama, perkenankan kami mencoba memberikan pilihan alternatif untuk tetap menjaga kewarasan itu,” ujar Vika Wisnu satu diantara penampil karya.

Vika yang tidak hanya seorang dosen ilmu komunikasi tetapi juga getol menulis sastra, sepertinya memberikan keleluasaan kepada masyarakat yang akan menyaksikan karya-karya instalasi perpaduan visualisasi dan puisi itu memberikan makna.

“Dari karya-karya instalasi kolaborasi ini, kami bersemangat untuk memberikan dan membagikan energi positif kepada masyarakat luas yang menyaksikan pameran ini. Kepada saudara sebangsa dan setanah air, khususnya di Kota Surabaya ini,” lanjut Vika.

Ada nama Peter Wang, Mamuk Ismuntoro, Fabiola Natasha, Leo Arif Budiman, dan Eed Haryo Kusumo diranah karya visual. Sedangkan diranah tulis menulis, nama Wina Bojonegoro, Vika Wisnu, Heti palestina, Sol Amrida, dan Didik Siswantono adalah nama yang tidak asing.

Satu ini bisa dibilang sebagai kado, sebuah persembahan khusus untuk tanah air tercinta dalam HUT ke 72 tahun kemerdekaan. Oleh karena itu, semoga apa yang kami persembahkan ini juga sekaligus menjadi rasa syukur bagi Indonesia,” pungkas Vika.

Dijadwalkan Satu digelar di Galeri House of Sampoerna sampai dengan 2 September 2017 mendatang.(tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Minggu, 18 April 2021
33o
Kurs